News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Kabinet Prabowo Gibran

Profil Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Perindustrian Kabinet Merah Putih Prabowo-Gibran

Penulis: Yunita Rahmayanti
Editor: Nanda Lusiana Saputri
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Agus Gumiwang Kartasasmita ditunjuk sebagai Menteri Perindustrian di Kabinet Merah Putih di pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

TRIBUNNEWS.COM - Profil Agus Gumiwang Kartasasmita menjadi sorotan setelah ia kembali menjabat sebagai Menteri Perindustrian.

Ia sebelumnya menjadi Menteri Perindustrian di masa pemerintahan Joko Widodo dan Ma'ruf Amin tahun 2019-2024.

Agus Gumiwang Kartasasmita kini menjadi Menteri Perindustrian di Kabinet Merah Putih di pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Dua kali menjabat sebagai menteri, siapakah Agus Gumiwang Kartasasmita? Simak profil Agus Gumiwang Kartasasmita di bawah ini.

Profil Agus Gumiwang

Agus Gumiwang Kartasasmita lahir di Jakarta pada tanggal 3 Januari 1969.

Ia memiliki seorang istri bernama Loemongga H. Salomons dan 4 anak, yaitu Ghaniya Kartasasmita, Ghaziya Kartasasmita, Ghibran Kartasasmita, dan Gemma Zuleykha Kartasasmita.

Agus Gumiwang Kartasasmita terpilih untuk menjabat sebagai Menteri Perindustrian pada tanggal 23 Oktober 2019 dalam Kabinet Indonesia Maju periode 2019 – 2024 yang merupakan periode kedua pemerintahan Presiden Joko Widodo.

Sebelum itu, Agus Gumiwang pernah dilantik menjadi Menteri Sosial pada 24 Agustus 2018 hingga 20 Oktober 2019.

Selama menjadi Menteri Sosial, Agus Gumiwang Kartasasmita mendapatkan penghargaan sebagai Tokoh Revitalisasi Kesetiakawanan Sosial dalam acara “Anugerah Indonesia Maju 2018-2019” yang diselenggarakan oleh Harian Rakyat Merdeka dan Warta Ekonomi.

Ia menyelesaikan pendidikan dan memperoleh gelar Bachelor of Science Commercial and Industrial Economic dari Pacific Western University tahun 1994.

Agus Gumiwang kemudian melanjutkan pendidikannya di Program Pascasarjana Magister Administrasi Publik Universitas Pasundan pada tahun 2009.

Setelah itu ia mendapatkan gelar Doktor Ilmu Pemerintahan dari Universitas Padjajaran pada tahun 2014, dikutip dari kemenperin.go.id.

Baca juga: Prabowo Lantik 53 Menteri Pagi Ini, Disusul Pelantikan 56 Wakil Menteri Siang Nanti

Harta Kekayaan

Agus Gumiwang Kartasasmita memiliki total harta kekayaan Rp 197.538.748.706, berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) tanggal penyampaian 27 Maret 2024, untuk laporan periodik 2023 di laman elhkpn.kpk.go.id. 

Ia tercatat memiliki 10 bidang tanah dan bangunan yang tersebar di Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, Bogor hingga Gianyar, Bali senilai Rp 64.682.875.000 yang dilaporkan sebagai hasil sendiri.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini