News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Ini Profil Empat Menteri yang Ditugaskan Prabowo Selamatkan Sritex dari 'Ambang Jurang'

Penulis: Malvyandie Haryadi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Presiden Prabowo Subianto memerintahkan empat kementerian untuk mengkaji sejumlah opsi dan skema penyelamatan pekerja raksasa tekstil PT Sri Rejeki Isman Tbk (Sritex) dari ancaman PHK usai dinyatakan pailit oleh Pengadilan Negeri (PN) Semarang.

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Prabowo Subianto memerintahkan empat menteri turun gunung untuk menyelamatkan Sritex.

Diketahui, raksasa tekstil Asia Tenggara PT Sri Rejeki Isman Tbk atau Sritex divonis pailit oleh Pengadilan Negeri (PN) Niaga Semarang (Sritex pailit). Perusahaan ini tengah masalah keuangan yang sangat pelik.

Sritex tercatat sudah merugi selama empat tahun berturut-turut sejak 2021. Perusahaan milik Keluarga Lukminto ini juga dibebani utang sebesar 1,597 miliar dollar AS atau jika dirupiahkan setara dengan Rp 25 triliun (kurs Rp 15.600). 

Emiten berkode SRIL ini masih bisa selamat dari pailit melalui upaya kasasi atas putusan pailit Pengadilan Niaga Semarang. Manajemen menyatakan operasional perusahaan pun masih berjalan normal dan belum ada rencana melakukan PHK karyawan.

Jika dinyatakan pailit, maka aset perusahaan akan dijual untuk membayar kewajiban. Sebelumnya, perusahaan yang berbasis di Kabupaten Sukoharjo ini digugat pailit oleh vendornya PT Indo Bharta Rayon karena polemik utang yang belum terbayarkan.

Sritex bersama dengan perusahaan afiliasinya, PT Sinar Pantja Djaja, PT Bitratex Industries, dan PT Primayudha Mandirijaya dianggap telah lalai dalam memenuhi kewajiban pembayaran kewajiban kepada PT Indo Bharat Rayon, selaku pemohon.

Dengan skala bisnis perusahaan yang terbilang sangat besar dan menyerap puluhan ribu tenaga kerja khususnya di Kabupaten Sukoharjo, pemerintah pun tak diam membiarkan Sritex di ambang pailit.

Keempat menteri yang mendapat tugas Prabowo dalam masalah ini adalah Menperin, Menkeu, Menteri BUMN dan Menaker.

Berikut profil mereka:

Agus Gumiwang 

Agus sebelumnya menjadi Menteri Perindustrian di masa pemerintahan Joko Widodo dan Ma'ruf Amin tahun 2019-2024.

Agus Gumiwang Kartasasmita kini menjadi Menteri Perindustrian di Kabinet Merah Putih di pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Agus Gumiwang Kartasasmita lahir di Jakarta pada tanggal 3 Januari 1969.

Ia memiliki seorang istri bernama Loemongga H. Salomons dan 4 anak, yaitu Ghaniya Kartasasmita, Ghaziya Kartasasmita, Ghibran Kartasasmita, dan Gemma Zuleykha Kartasasmita.

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini