News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Dorong Keberlanjutan di Ekosistem Bisnis, Lazada Gelar Lazada Sustainability Academy Awards 2024

Penulis: Nurfina Fitri Melina
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Lazada Sustainability Academy Awards 2024.

TRIBUNNEWS.COM - Lazada Indonesia (Lazada) melalui unit bisnis Lazada Logistics menghadirkan Lazada Sustainability Academy Awards 2024 yang merupakan bagian dari inisiatif dalam kerangka lingkungan, sosial, maupun tata kelola bisnis (environment, social, and governance - ESG) dari Lazada Group, yaitu Lazada Sustainability Academy (LSA).

Lazada Sustainability Academy Awards 2024 menjadi upaya Lazada dalam mendorong operasional berkelanjutan dari para pelaku bisnis di ekosistem Lazada, baik dari kerangka lingkungan, sosial, maupun tata kelola bisnis. 

SVP, Logistics, Lazada Indonesia, Adiputra Wiharja menjelaskan, Lazada Sustainability Academy Awards 2024 juga menjadi upaya Lazada untuk memberikan apresiasi kepada para penjual di Lazada yang memiliki kepedulian serta mulai bertransformasi ke arah keberlanjutan di dalam operasional bisnisnya

“Kami menyadari bahwa upaya keberlanjutan selayaknya menjadi upaya kolektif di antara semua pemangku kepentingan di dalam ekosistem ekonomi digital Lazada. Karena itulah, Lazada tidak hanya berfokus pada upaya keberlanjutan di dalam perusahaan sendiri, namun juga mendorong para pelaku bisnis lainnya di dalam ekosistem Lazada untuk lebih memahami konsep keberlanjutan dan mengintegrasikannya ke dalam operasional bisnis yang tetap memberikan keuntungan bagi pelaku bisnis,” kata Adiputra. 

Lazada Sustainability Academy Awards 2024 memberikan penghargaan kepada para penjual yang sudah mulai bertransformasi ke arah keberlanjutan. Lima pemenang dalam Lazada Sustainability Academy Awards 2024 dipilih berdasarkan empat parameter penilaian, yaitu Purpose (sosial), Profit (ekonomi), People (manusia), serta Planet (lingkungan). 

Baca juga: Belanja Kebutuhan Rumah Tangga Saat Ramadan di Lazada Bisa Lebih Hemat Hingga 75 Persen!

Kelima pemenang tersebut akan mendapatkan hadiah dan penghargaan yang bisa digunakan dalam perjalanan transformasi mereka menuju operasional berkelanjutan.  Adapun kelima penjual Lazada pemenang LSA Awards 2024 adalah: 

  • Berkah Wangi Parfum, menjadi juara umum melalui keunggulannya di hampir seluruh kategori penilaian.
  • Al-Mubarokah Herbal, unggul dalam kategori Purpose atau Sosial dengan memprioritaskan kualitas produk melalui pengendalian mutu yang ketat, mempertahankan kepuasan pelanggan dan kepatuhan terhadap peraturan etis –  didukung oleh strategi pengukuran dampak dan target yang  praktis.
  • GUDANG JEAN’S, pemenang kategori Profit atau Ekonomi diakui melalui penilaian finansial dan risiko terperinci atas strategi bisnis baru mereka, yang dirancang untuk menyelaraskan dengan nilai-nilai keberlanjutan.
  • chipa, memenangkan kategori People atau Manusia atas keberhasilannya membina kesejahteraan karyawan serta komitmennya terhadap nilai-nilai keberlanjutan dalam pemilihan pemasok.
  • Damai Fashion, memenangkan kategori Planet atau Lingkungan karena mengubah kemasan dari plastik ke kardus, dan upaya aktif mereka dalam mengedukasi konsumen mengenai keberlanjutan.

Acara LSA Awards 2024 juga menghadirkan sesi diskusi panel dengan SVP, Logistics, Lazada Indonesia, Adiputra Wiharja, Sustainability and ESG Lead Funding Societies, Modalku Group, Annette Aprilana, dan Marketing General Manager EIGER, Jason Edward Wuysang sebagai panelis. 

Peserta yang hadir di acara ini merupakan perwakilan dari brand dan penjual lokal Indonesia yang tertarik untuk beralih ke operasional yang ramah lingkungan dan berkelanjutan, dan sebagian besar telah mengikuti tahapan program Lazada Sustainability Academy dan mendapatkan wawasan berharga terkait pentingnya aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan di dalam operasional bisnisnya.

“Harapan kami, acara Lazada Sustainability Academy Awards dapat menjadi katalis dalam pengadopsian model bisnis berkelanjutan bagi para penjual yang berjualan secara online, sehingga mengurangi limbah, melestarikan sumber daya, dan berkontribusi terhadap bumi yang lebih sehat. Melalui upaya kolektif dan transformasi di seluruh industri, kami membayangkan masa depan di mana eCommerce tidak hanya berkembang secara ekonomi namun juga memainkan peran penting dalam mencapai tujuan keberlanjutan secara global,” ujar Adiputra.

Raih apresiasi dari Kemenko Marves

Langkah inisiatif Lazada Sustainability Academy Awards 2024 ini turut mendapatkan apresiasi dari Kemenko Marves atas komitmennya dalam memimpin perubahan dan kesadaran akan pentingnya aspek berkelanjutan dalam industri eCommerce.

“Inisiatif keberlanjutan yang diluncurkan oleh Lazada telah membuktikan bahwa kita dapat mencapai kesuksesan ekonomi sambil menjaga lingkungan hidup,“ ujar Asisten Deputi Delimitasi Zona Maritim dan Kawasan Perbatasan Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Kemenko Marves), Sora Lokita dalam sambutannya di pembukaan Lazada Sustainability Academy Awards 2024.

Sora menjelaskan, sebagai komponen utama sektor perekonomian, UKM memiliki tanggung jawab untuk mengutamakan praktik produksi yang ramah lingkungan, memastikan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. 

Maka dari itu, peranan penting ini harus disertai dengan dukungan konkret dari para pemangku kebijakan, termasuk pemerintah dan platform eCommerce seperti Lazada untuk memastikan UKM menjadi motor penggerak pertumbuhan ekonomi sekaligus menjadi pelopor dan katalis penerapan aspek keberlanjutan dalam operasional bisnis. 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini