News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Kontes CustoMAXI Bali Tampil Beda, Lebih Berani Eksplorasi Warna dan Cita Rasa Lokal

Penulis: Choirul Arifin
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Babak semifinal kontes modifikasi online CustoMAXI Yamaha di Bali diikuti 30 peserta melombakan tiga kategori.

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kontes modifikasi online CustoMAXI Yamaha untuk skutik Maxi Series Yamaha baru saja tuntas terselenggara di Kota Denpasar, Bali, Sabtu (13/1/2018). Bali merupakan kota tuan rumah kelima setelah Medan, Tangerang, Banjarmasin dan Makassar.

Dari kontes ini terpilih tiga pemenang dengan konsep modifikasi mereka yang begitu kuat, masing-masing satu peserta mewakili kategori Yamaha NMAX, Aerox dan XMAX.

Andri Fistularianto dari Bagian Promosi Yamaha DDS Bali mengatakan, komunitas pemilik Yamaha Maxi series di Bali memang sangat menggemari modifikasi. 

Melimpahnya spare parts plug and play di aftermarket membuat banyak pemilik Maxi series Yamaha bisa leluasa memodifikasi skutik kesayangannya sesuai selera.

"Teman teman Maxi series di Bali ini memamg hobi modifikasi. Hadirnya kontes ini membuat hobi mereka tersalurkan," ungkap Andri Fistularianto.

Peserta babak semifinal CustoMAXI Yamaha di Bali cenderung berani mengeksplorasi kreativitas mereka dalam memodifikasi skutik Maxi series-nya, termasuk dalam aplikasi warna dan eksplorasi penggunaan parts dan desain modifikasi.

"Tadi kita sempat sempat kesulitan menentukan pemenang saat proses penjurian karena karya modifikasi peserta kita lihat bagus-bagus," ungkapnya tentang kontes yang babak semifinalnya digelar di Monjali Baliyang, Kota Denpasar, ini.

Dia menilai, peserta lebih berani mengeksplorasi warna-warna baru dalam modifikasi ini. Juga keberanian peserta menampilkan warna etnik Bali pada karya modifikasi mereka.

"Paling menonjol event custom modifikasi yang di Bali ini, Mereka sangat berani mengubah parts. Juga keberanian menampilkan ciri khas lokal Bali. Yang saya lihat memang Bali banget. Kalau misalnya ada kelas decal, akan sangat seru karena mewakili aliran modifikasi. Bagi teman-teman di Bali, ajang ini juga terasa seru karena pertama kalinya digelar," ungkapnya.

Contoh karya modifikasi yang menampilkan sentuhan etnik Bali misalnya pada skutik Aerox 155 VVA tahun 2017 milik peserta Nanda Dwi Cahyadi, 22 tahun.

Nanda Dwi Cahyadi, 22 tahun, peserta babak semifinal CustoMAXI Yamaha di Bali bersama skutik Aerox 155 VVA modifikasinya.

Cowok yang sehari-hari bekerja sebagai pegawai di sebuah travel agent di Kota Denpasar ini mengaplikasikan konsep modifikasi minimalis di Aerox warna biru donker kesayangannya dengan mengangkat tema Bali niche flower dengan warna kuning emas,

Aplikasinya dengan teknik cutting sticker pada bodi yang dia pesan secara khusus di Cemet Cutting Sticker di Kuta.  Motif ini dia dapatkan dari hasil dari Googling di internet.

Kenapa pilih kuning emas? "Warna ini identik dengan warna mewah," Nanda memberi alasan.

Nanda Dwi Cahyadi mengangkat tema Bali niche flower dengan aplikasi cutting sticker warna kuning emas di bodi Aerox

Proses aplikasi cutting sticker membutuhkan waktu empat jam dan khusus proses penggarapan cutting sticker memakan waktu sekitar seminggu.

Biaya total modifikasi ini hanya Rp 2,5 juta, termasuk  modifikasi tambahan berupa aplikasi alis LED ice blue di lampu depan dan aplikasi monel-monel serta baut-baut, plus shockbreaker standar yang dia diganti dengan shock dari Daytona NVX.

Seperti penyelenggaraan di empat kota lainnya, kontes CustoMAXI Yamaha di Bali melombakan 3 kategori modifikasi motor yaitu XMAX, NMAX dan AEROX 155 VVA plus satu sub kategori Maxi Lady yang pesertanya dinilai dari outfit berkendara yang mereka kenakan berikut pose terbaik mereka bersama Maxi Yamaha. 

CustoMAXI di Bali untuk subkategori Maxi Lady diikuti 7 peserta.

Di babak semifinal, masing-masing kategori diikuti 10 peserta. Khusus sub kategori Maxi Lady, diikuti tujuh peserta.

Para juara di kontes ini akan berangkat ke Jakarta bertanding melawan pemenang dari kota - kota lain yang nanti babak grand finalnya akan digelar pada 24 Februari 2018, memperebutkan hadiah 1 unit Aerox 155 S Version, 2 unit NMAX ABS serta 1 unit XMAX.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini