News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

TIps agar Tidak Ribet Klaim Asuransi Mobil

Penulis: Lita Febriani
Editor: Eko Sutriyanto
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ilustrasi asuransi mobil

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Membeli asuransi, apalagi untuk kendaraan, pastinya agar membantu kita untuk meminimalkan kerugian dari kejadian tak terduga.

Namun bagaimana jika kita membeli asuransi kendaraan tetapi tidak pernah memakainya, sebab proses klaim yang terlalu ribet.

Head of Government and Industry Relations PT Asuransi Adira Dinamika (Adira Insurance) Wayan Pariama, mengatakan asuransi yang merupakan produk industri keuangan, dapat dianalogikan dengan mudah, seperti dimulai dengan garansi.

"Kalau kita beli handphone dan mobil pasti ada garansinya. Jadi kalau ada apa-apa bakal bisa diganti.

Secara proses, garansi bisa simpel, apalagi kalau belinya di tempat authorized. Kadang walau authorized toko ngga mau nerima karena belinya bukan di toko dia, nah ini ribet juga ya. Ada pula barangnya sama tetapi tidak garansi," tutur Wayan saat Ngovsan Forwot Bersama Adira Insurance, Selasa (31/8/2021).

Baca juga: Karyawan pada Sektor UMKM Dapat Bantuan Keringanan Asuransi Kesehatan

Hampir sama dengan semua produk industri keuangan, asuransi harusnya simpel. Namun ada pula banyak isu di dalam industri ini.

Sebagai contoh, sebuah perusahaan asuransi belum tentu mengcover seluruh wilayah Indonesia. Masalah ini juga dialami berbagai perusahaan asuransi seluruh dunia.

Kemudian, saat mengalami kecelakaan antara dua belah pihak, biasanya tidak ingin memperpanjang masalah dengan membuat laporan kepolisi untuk klaim asuransi, akhirnya melakukan perbaikan masing-masing.

Ada pula kasus, pada saat klaim, perusahaan asuransi akan memberi daftar bengkel mereka, tetapi konsumen biasanya memilih ke bengkel favorit yang tidak termasuk bengkel rekanan pihak asuransi. Ini contoh keribetan lain.

"Beberapa perusahaan membuat solusi. Contoh kami di Adira mempunyai Autocillin Mobile Claim App.

Jadi ketika ada kerusakan kendaraan, konsumen cukup foto dan posting, nanti akan ada langsung tim yang menghubungi. Kalau perlu diderek bisa langsung telpon customer care kami. Kalau masih bisa jalan tinggal dibawa ke bengkel kami," jelas Wayan.

Untuk menghindari keribetan saat proses klaim asuransi, Adira Insurance membagikan beberapa tips untuk mempermudah klaim. Berikut tipsnya :

1. Pelanggan harus menghindari hal-hal yang dikecualikan dalam polis seperti telat melapor klaim dari batas waktu pelaporan, pengemudi tidak memiliki surat izin mengemudi, klaim yang dilaporkan tidak dijamin dalam polis, klaim yang dilaporkan termasuk dalam klausula pengecualian dalam polis.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini