News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Mudik Lebaran 2023

Empat Tips Mudik Aman dan Nyaman, Periksa Kondisi Ban Sebelum Berangkat

Penulis: Lita Febriani
Editor: Choirul Arifin
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Lakukan pemeriksaan ban sebelum memulai perjalanan mudik.

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menjalani mudik Lebaran membutuhkan kondisi kendaraan yang prima, terlebih jika perjalanan yang akan ditempuh cukup jauh.

Berikut empat tips untuk persiapan mudik agar perjalanan aman dan nyaman.

1. Pastikan Kondisi Mobil

Pemeriksa kondisi kendaraan dua hingga satu minggu sebelum berangkat mudik demi memastikan kondisi mobil seperti ban, air radiator, air aki, minyak rem, oli, hingga air pembersih kaca dalam kondisi yang baik.

Pastikan ban mobil dalam kondisi prima. Deputy Head Of OE Sales PT Bridgestone Tire Indonesia Fisa Rizqiano, mengatakan ban memiliki tread wear indicator (TWI) yang merupakan tanda keausan sebuah ban.

"Jadi sebaiknya cek ketebalan tapak ban, cek enam posisi di shoulder dan wear bar atau bentuk segitiga di sisi ban dan juga bilah-bilah pada tapak ban," ujarnya.

"Bentuk segitiga-segitiga kecil di sisi ban berfungsi untuk menunjukkan bahwa jika bagian tersebut sudah rata dengan dinding ban, maka ban sudah mencapai masa keausannya. Untuk wear bar bilah-bilah pada tapak, ban sudah harus diganti jika bagian itu sudah tidak lagi sejajar satu sama lain," kata dia.

2. Cek Kelengkapan Surat-surat

Pastikan mengecek masa berlaku SIM dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).

Dua minggu hingga satu minggu sebelum perjalanan mudik, merupakan waktu yang tepat untuk mengurus dokumen yang hampir melewati masa berlaku tersebut.

3. Siapkan Dana

Siapkan dana yang cukup untuk pengisian BBM di jalan saldo kartu tol secukupnya.

Mengisi penuh tangki BBM kendaraan anda sebelum memulai perjalanan perlu dilakukan untuk meminimalisir kekurangan BBM saat menghadapi rute yang macet.

Baca juga: Tiga Tips Mudik Lebaran Nyaman Ala Hyundai dan Bintang Emon

Jika Anda memiliki smartphone dengan fitur NFC (near field communication), serta aplikasi mobile banking atau marketplace tertentu, Anda juga dapat melakukan pengisian saldo kartu uang elektronik melalui smartphone Anda.

4. Kondisi Pengendara harus Prima

Penuhi asupan nutrisi tubuh dan cairan sebelum mudik, terutama ketika berbuka puasa dan sahur di hari sebelumnya.

Baca juga: Tips Mudik Lebaran Aman dengan Bawa Kendaraan Sendiri Ala Suzuki

Jika memungkinkan, tambahkan asupan multivitamin di menu sahur. Untuk berjaga-jaga, jangan lupa membawa makanan bergizi untuk bekal berbuka atau sahur saat mudik sebagai antisipasi perjalanan mudik yang jauh atau kemacetan yang panjang.

President Director Bridgestone Indonesia Mukiat Sutikno mengingatkan, keselamatan pengendara dan penumpang merupakan prioritas saat menjalani mudik.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini