News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Bos Yamaha: Motor Kami Pakai Pelapis Karat Sistem Celup, Kualitas Rangka 2x Lebih Tebal, Silakan Cek

Penulis: Choirul Arifin
Editor: Seno Tri Sulistiyono
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Yamaha konsisten menggunakan rangka sasis tubular dengan material lebih tebal untuk menjaga kualitas produk agar awet untuk pemakaian jangka panjang sekaligus lebih kokoh menahan beban.

Laporan Wartawan Tribunnews, Choirul Arifin

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Manajemen PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing Industry (YIMM) buka suara ihwal kualitas rangka pada sepeda motor-sepeda motor matic yang diproduksinya.

Presiden Direktur dan CEO YIMM Dyonisius Beti mengatakan, Yamaha konsisten menggunakan rangka sasis tubular dengan material lebih tebal untuk menjaga kualitas produk agar awet untuk pemakaian jangka panjang sekaligus lebih kokoh menahan beban.

"Bahan (rangka motor) kita relatif lebih tebal dibandingkan ketebalan rangka motor yang dipakai di industri. Ketebalan kita 2x lipat. silakan dicek dan diukur. Ketebalan itu ikut menetukan pada kemmapuan menahan karat, karena itu jadi pagar kita," Dyonisius Beti di acara Media Factory Visit di pabrik Yamaha di kawasan Pulogadung, Jakarta Timur, Kamis, 31 Agustus 2023.

Selain menggunakan rangka tubular yang lebih tebal dan kuat, Yamaha juga merancang desain rangka berikut alur untuk pembuangan air jika rangka hollow tersebut tanpa sengaja kemasukan air, baik yang terjadi karena motor yang sedang dicuci, terpapar air hujan maupun percikap air di jalan.

"Kedua adalah drainase system pada kendaraan kita. Kita sudah perhatikan juga dengan aliran buangan airnya misalnya saat (motor) dicuci. Kalau drainasenya lebih bagus, itu mampu menahan terhadap karat juga," ungkap Dyonisius Beti.

Aktivitas final inspection di perakitan motor Yamaha NMAX untuk ekspor ke China di pabrik PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Pulogadung, Jakarta, Kamis 31 Agustus 2023.

Yamaha membuat lubang pada bagian rangka tubular terbawah. Dengan demikian ketika terjadi air masuk, akan langsung terbuang. Air tercegah dari risiko tergenang di dalam rangka yang bisa memicu munculnya karat.

Dyon menekankan, desain motormotor Yamaja sudah memperhatikan sistem drainasenya karena dipasarkan di Indonesia dengan kondisi 2 musim yakni musim kemarau dan musim hujan di mana saat musim hujan motor krtap terpapar air hujan yang bersifat korosif.

Baca juga: Membandingkan Rangka eSAF dengan Rangka Underbone, Begini Hasilnya

Saat factory visit ke pabrik Yamaha, tim engineer Yamaha membuat demo kecil dengan memasukkan air ke dalam 2 rangka motor Yamaha NMAX melalui bagian teratas rangka di bagian belakang di dekat dudukan suspensi.

Berselang beberapa detik kemudian air yang dimasukkan tersebut mengalir keluar melalui lubang kecil di rangka bawah di bawah pijakan kaki.

Pelapisan Anti-karat Teknik Celup

Faktor lainnya yang menunjang keawetan rangka pada motor-motor Yamaha adalah teknik pelapisan antikarat pada rangka sebelum dirakit menjadi sepeda motor.

"Kita juga ada sistem pencelupan (antikarat), jadi ada perlindungan di luar dan di dalam agar rangka mootor kita terlindungi dari karat," bebernya.

Rangka yang sudah dibuat diberikan pelapis anti karat dengan teknik celup. Pelapisan dengan teknik celup ini membuat seluruh bagian rangka baik bagian luar maupun dalam terlapisi antikarat, dengan demikian mencegah risiko terpapar karat dan korosi untuk jangka panjang.

"Pencelupan antikarat ini mencapai 22 micron. Kita terapkan bermacam macam proteksi agar motor Yamaha terhindari darinrisiko korosi," imbuh Dyon.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini