News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

MotoGP Mandalika

Sajikan Persaingan Para Riders Kelas Atas, Sirkuit Mandalika Siap Gelar Indonesian GP 2023

AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Fanzone MotoGP Indonesia.

TRIBUNNEWS.COM - Pertamina Grand Prix of Indonesia (IndonesianGP) 2023 di Pertamina Mandalika Internasional Sirkuit digelar dalam tiga hari sejak hari ini, 13 - 15 Oktober 2023. IndonesianGP 2023 menjadi balapan ke-15 pada MotoGP 2023 sebelum seri selanjutnya di Australia pada 20-22 Oktober 2023.

Pada hari pertama IndonesianGP 2023 telah dimulai latihan bebas atau free practice. Latihan bebas pertama atau free practice (FP1) dimulai pada pukul 09.00 WITA untuk kelas Moto3 dan dilanjutkan dengan sesi latihan pertama untuk kelas Moto2. 

Para pembalap kelas MotoGP melakukan sesi latihan bebas (FP1) dimulai pukul 10:45 WITA, yang diikuti oleh FP1 Idemitsu Asia Talent Cup. Hari ini juga para pembalap akan kembali ke lintasan untuk sesi latihan kedua di semua kelas, diakhiri dengan FP2 Idemitsu Asia Talent Cup yang akan selesai menjelang pukul 17.00 WITA.

Hari kedua, 14 Oktober 2023, akan menjadi hari yang sibuk dengan pembalap kelas Moto3 yang memulai sesi latihan ketiga sejak pukul 08:40 WITA, diikuti oleh latihan ketiga untuk kelas Moto2. 

Riders kelas MotoGP akan menghadapi FP2, kualifikasi 1, dan kualifikasi 2. Kualifikasi Idemitsu Asia Talent Cup juga akan berlangsung, disusul oleh kualifikasi 1 dan 2 untuk kelas Moto3 dan Moto2. Di sore harinya, Sprint Race akan digelar pada pukul 15.00 WITA, diikuti oleh sesi race pertama Idemitsu Asia Talent Cup.

Pada hari terakhir, 15 Oktober 2023, dimulai dengan race kedua Idemitsu Asia Talent Cup pada pukul 09:45 WITA, disusul oleh pemanasan dan sesi Rider Fan Parade oleh para pembalap kelas MotoGP. 

Sesi race Moto3 akan dimulai pukul 12.00 WITA, diikuti oleh sesi race Moto2 pada pukul 13.15 WITA. Puncak acara adalah race kelas MotoGP yang akan memulai pukul 15.00 WITA.

Akses lalu lintas penonton Indonesian GP 2023 di Mandalika

Dyandra&Co sebagai co-promotor dan penanggung jawab event dari sisi non-race, telah berkoordinasi dengan Polda NTB untuk kelancaran akses menuju Pertamina Mandalika International Circuit, tempat penyelenggaraan Indonesian GP.

Bekerja sama dengan Dinas Perhubungan Provinsi NTB, menyiapkan 40 bus gratis yang akan mengantar penonton dari sejumlah lokasi di Lombok menuju Sirkuit Mandalika. Adapun titik penjemputan tersebut berada di eks Bandara Selaparang Kota Mataram, Pelabuhan Lembar, Pelabuhan Bangsal di Lombok Utara, dan Pelabuhan Kayangan di Lombok Timur.

Sementara itu, untuk di dalam area Sirkuit Mandalika, penyelenggara telah menyiapkan 175 shuttle bus yang akan mengantar penonton dari titik parkir menuju circuit gate dan sebaliknya.

Bagi penonton yang membawa kendaraan, dengan tiket kategori A, B, C, H menuju Sirkuit Mandalika melalui jalur normal, yakni dari Bundaran BIL menuju Bundaran Songgong. Setelah tiba di Bundaran Songgong, penonton mengambil jalur kiri menuju kantong parkir Parkir Timur (PT) 1 dengan kapasitas lebih dari 1.000 kendaraan roda 4 dan roda 2. Dari tempat parkir, penonton tinggal naik shuttle bus yang mengantar ke Gate 1 Sirkuit Mandalika.

Adapun penonton dengan kategori General Admission, D, E, F, G menuju Sirkuit Mandalika melalui Bundaran Songgong, lalu lurus menuju akses Gate 2 atau tunnel Selatan. Setelah itu penonton bisa parkir di Zona Q dengan kapasitas lebih dari 1.500 untuk roda 4 dan 1.000 untuk roda 2. Setelah itu, penonton akan dijemput shuttle bus khusus Gate 2 Sirkuit Mandalika.

Untuk akses keluar penonton dengan kategori A, B, C, D, E, F, G, H bisa kembali melalui Bundaran Songgong dan mengambil arah Bypass BIL Mandalika.

Sementara itu, penonton dengan kategori I, J, K bisa lewat jalur lama Sengkol Kuta Mandalika menuju Parkir Barat. Penonton kemudian bisa menggunakan shuttle bus menuju Gate 3 Sirkuit Mandalika. Untuk akses pulang, penonton dapat menggunakan jalur yang sama dengan akses kedatangan menuju Sirkuit Mandalika Khusus untuk penonton kategori Premiere dan Deluxe disiapkan jalur khusus sepanjang 17,4 km sesuai arahan Korlantas Polda NTB.

Perlu dicatat, pihak keamanan hanya akan mengizinkan penonton yang memiliki tiket untuk masuk ke area Pertamina Mandalika International Circuit dan pengecekan dimulai sejak masuk ke area bundaran BIL.

Untuk penonton telah berada di Mandalika dan sekitarnya dan tiba sebelum tanggal balapan, akses masuk ke sirkuit dapat menggunakan shuttle bus dari titik-titik yang telah ditentukan yakni dari Parkir Timur dan Parkir Barat, sesuai dengan kategori tiket yang dimiliki.

Side event menarik sepanjang gelaran

Tak hanya menghadirkan aksi para riders terbaik di dunia, PT MGPA Nusantara Jaya (MGPA) dan Dyandra&Co., sebagai promotor dan co-promotor Indonesian GP 2023, juga menggelar berbagai side event selama gelaran Indonesian GP 2023.

Sejumlah zona untuk side event pun tersebar di sekitar Pertamina Mandalika International Circuit, yakni Zona Merdeka, Zona Bhinneka, Zona Tropika, dan Zona Pusaka. Titik side event yang berada di area inner-circuit tersebut diharapkan memudahkan pengunjung yang datang karena lokasinya yang terintegrasi dengan sirkuit.

Zona Merdeka akan menyajikan panggung hiburan yang akan diisi oleh sejumlah musisi Tanah Air di 'Harmoni Mandalika Stage by Pertamina'. Pada hari Sabtu akan menampilkan NTRL dan Melanie & PKK, sementara pada hari Minggu akan menampilkan Hydro Koplo, grup musik bergenre Reggae Lombok Amtenar, serta DJ asal Indonesia yang terkenal di berbagai panggung EDM nasional hingga internasional Dipha Barus. Zona Merdeka juga akan menjadi area untuk kegiatan Fan Zone yang yang menjadi kesempatan eksklusif para penonton untuk bertemu dengan para pembalap dari kelas MotoGP, Moto2 dan Moto3.

Zona Bhineka akan menyajikan Bikers’ Lot yang diikuti oleh berbagai brand dari industri pendukung otomotif yang menawarkan pengalaman seru bagi para penonton. Di area ini terdapat tersedia riders & team official merch, pameran otomotif, test ride, serta Fuel Up, yakni area food & beverages (F&B).

Zona Tropika diisi oleh pameran UMKM dari Sulawesi Selatan, Dinas Pariwisata Lombok Utara dan berbagai pilihan kuliner ringan dan berat,  sedangkan Zona Pusaka akan diisi oleh ragam UMKM NTB dan Lombok Tengah yang menyajikan pilihan kuliner ringan dan barang-barang kerajinan.  Di hampir semua zona ini akan tersedia booth penjualan official merchandise Indonesian GP 2023 dan official merchandise pembalap.

Namun, penonton juga diingatkan untuk mematuhi beberapa aturan, seperti menjaga kebersihan, duduk sesuai zona, memakai wristband, serta membawa botol minuman, uang tunai, jas hujan, dan alas kaki yang nyaman. Beberapa barang seperti makanan dan minuman dari luar, tongkat selfie, laser, hewan peliharaan, anak di bawah 6 tahun, minuman beralkohol & obat-obatan terlarang, dan beberapa barang berbahaya dilarang masuk ke area sirkuit.

Jangan sampai ketinggalan informasi mengenai Indonesian GP 2023 – Pertamina Grand Prix of Indonesia dengan mengunjungi situs resmi di www.themandalikagp.com dan ikuti akun Instagram resmi @themandalikagp, ya!

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini