News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Balap Motor Profesional Khusus Cewek Digelar 6 Seri di 2024, Biaya Daftarnya Rp 418 Jutaan

Penulis: Lita Febriani
Editor: Choirul Arifin
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Kejuaraan dunia Balap Sepeda Motor Wanita atau WMWC akan digelar pada musim perdananya di tahun 2024.

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM - Federation Internationale de Motocyclisme (FIM) atau Federasi Sepeda Motor Internasional berencana menambah seri balap dunia Women’s Motorcycling World Championship.

Kejuaraan dunia Balap Sepeda Motor Wanita atau WMWC akan digelar pada musim perdananya di tahun 2024.

Setidaknya, balap sepeda motor profesional pertama khusus wanita ini akan menjadikan enak seri untuk musim perdana dan tes pramusim yang diintegrasikan ke dalam WorldSBK.

Keenam seri tersebut akan dimulai dari wilayah Emilia Romagna Round, Italia, Misano World Circuit "Marco Simoncelli" pada 14-16 Juni 2024. Seri kedua akan digelar di Inggris, Donington Park Circuit 12-14 Juli 2024.

Seri ketiga akan berlangsung di Portugal, Autodromo Internacional do Algarve 9-11 Agustus 2024. Seri keempat berlangsung di Hungaria, Balaton Park Circuit 23-25 Agustus 2024.

Seri kelima kembali ke Italia di Cremona Circuit 20-24 September 2024 dan Seri pamungkas diselenggarakan di Spanyol, Circuito de Jerez-Angel Nieto 11-13 Oktober 2024.

Pada setiap putaran akan diadakan balapan Superpole pada hari Jumat, sedangkan Race 1 dan Race 2 masing-masing diadakan pada hari Sabtu dan Minggu.

Dilansir dari RideApart, untuk memastikan persaingan yang setara, Yamaha akan menjadi pabrikan eksklusif yang memasok YZF-R7 yang mudah dirancang dan kuat.

Sportbike kelas menengah ini mendapat cukup banyak pujian di pasar global dan dipuji karena konstruksinya yang ringan, kemampuan manuver dan performa yang dapat diandalkan berkat penggunaan mesin 689 cc CP2.

Baca juga: Farudilla Adam Naik Podium, Juara Umum Supermoto Race Seri Pamungkas

Pendaftaran untuk Kejuaraan Dunia Sepeda Motor Wanita FIM akan dibuka mulai 13 November 2023 hingga 31 Januari 2024, dengan konfirmasi pebalap diharapkan paling lambat 15 Februari 2024.

Balapan akan dimulai pada 14 Juni 2023, dengan putaran perdana diadakan di Sirkuit Dunia Misano. Penting untuk diperhatikan bahwa pengendara harus berusia minimal 18 tahun.

Untuk menambahkan sentuhan pribadi pada seri balap, pengendara memiliki opsi untuk balapan di bawah nama tim mereka sendiri.

Baca juga: Kejuaraan Nasional Balap Motor OnePrix 2023 Ekspansi ke Luar Jawa, Berikut Jadwal Lengkapnya

Selain itu semua, serial ini akan menampilkan liputan siaran global, hadiah uang berkat Pirelli, serta peluang humas bagi pengendara untuk memajukan karier mereka.

Biaya masuk bagi mereka yang ingin berpartisipasi adalah 25.000 Euro atau sekitar Rp 418 jutaan, sudah termasuk Yamaha YZF-R7 2023, serta GYTR Racing Kit, ban Pirelli, bahan bakar, layanan balap dan akses paddock.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini