News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Penasaran Sumber Mobil Lelang Berasal dari Mana, JBA Bongkar Asalnya

Penulis: Lita Febriani
Editor: Sanusi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Grade penilaian mobil di balai lelang JBA Indonesia, Jakarta, Selasa (28/11/2023)

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Berburu mobil bekas bisa dilakukan dengan berkunjung ke poll balai lelang. Namun apakah Tribunners penasaran, sumber kendaraan yang akan dilelang berasal dari mana?

Balai lelang JBA Indonesia, melalui Sales and Operasional General Manager PT JBA Indonesia Johan Wijaya, mengungkapkan asal mobil yang ada di balai lelang kebanyakan dari perusahaan pembiayaan.

"Sumber unit kita kalau dilihat 60-70 persen berasal dari perusahaan finance. Jadi sisanya 30 persen dari perusahaan non-finance atau pedagang," tutur Johan, Selasa (28/11/2023).

Baca juga: JBA Lelang 100 Ribu Kendaraan Bekas Sepanjang Semester I 2023, Low MPV Paling Dicari

Seluruh unit yang akan diikutsertakan dalam lelang, biasanya akan lebih dulu dilakukan pemeriksaan dan penilaian.

"Semua unit di JBA Indonesia, khususnya mobil melewati lebih dari 180 titik inspeksi dengan 700 indikator yang ada. Semua ini kami lakukan dengan detail untuk memberikan informasi yang cukup kepada peserta lelang. Tetapi, harus digarisbawahi, bahwa JBA adalah balai lelang yang melelang unit apa adanya dan memiliki standar inspeksi sendiri," jelasnya.

Poll balai lelang JBA Indonesia Cabang Jakarta Raya. Chief Operating Officer PT JBA Indonesia Deny Gunawan, menyampaikan angka pencapaian lelang mobil dan motor sama-sama meningkat tahun ini. (Lita Febriani/Tribunnews.com)

Fleet and Auction Function Head JBA Indonesia Wily Willim, menyarankan jika konsumen ingin mencari mobil bekas di balai lelang untuk memperhatikan grade informasi yang ada pada setiap mobil.

"Kami di JBA Indonesia memiliki grading penilaian dari A sampai dengan F, untuk mesin, internet dan eksterior. Untuk konsumen perorangan yang sedang mencari mobil di balai lelang, disarankan untuk mencari mobil dengan grade penilaian A, B atau C paling tidak," terang Wily.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini