News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Mobil Ikonik Toyota AE86 Milik Drift King Asal Jepang Akan Datang ke Indonesia

Penulis: Lita Febriani
Editor: Sanusi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Toyota Sprinter Trueno AE86 The Super Mame-Go milik Drift King (DK) Keiichi Tsuchiya

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM - Mobil ikonik Toyota Sprinter Trueno AE86 The Super Mame-Go kepunyaan Drift King (DK) asal Jepang Keiichi Tsuchiya akan keluar untuk pertama kalinya dari Jepang.

Negara yang dipilih sebagai tujuan untuk penampilan perdana mobil milik pembalap legendaris ini adalah Indonesia.

Toyota Sprinter Trueno AE86 ‘The Super Mame-Go milik Keiichi Tsuchiya bakal dihadirkan di pameran Indonesia Modification and Lifestyle Expo (IMX) 2024 yang digelar 4-6 Oktober 2024 di ICE BSD, Tangerang.

Baca juga: Toyota Prius HEV Resmi Dijual di GIIAS 2024 Seharga Rp 698 Juta

Keiichi Tsuchiya merupakan pembalap legendaris asal Jepang yang dikenal sebagai "Drift King". Karirnya dimulai di dunia balap jalanan sebelum ia meraih kesuksesan di berbagai kompetisi balap resmi, termasuk All Japan Touring Car Championship dan 24 Hours of Le Mans.

Tsuchiya sendiri lebih dikenal sebagai “Godfather of Drift”, ia yang pertama kalinya dikenal mempopulerkan keterampilan sideways yang kemudian menjadi seni drifting. Seni drifting ini lantas berkembang menjadi kompetisi motorsport yang berkembang di seluruh dunia.

Baca juga: Toyota Vellfire Sudah, Kini Keluarga SYL Kembalikan Uang Rp600 Juta ke KPK

Keterampilan sideways dilatih Keiichi Tsuchiya menggunakan Toyota Sprinter Trueno AE86 yang kerap disebut Hachiroku (Hachi: Delapan, Roku: Enam). Hachiroku berkelir putih kesayangannya ini yang kemudian menjadi ikon mobil yang terkenal.

Berbagai modifikasi pun dilakukan Keiichi Tsuchiya pada Hachiroku, terutama pada sektor dapur pacunya. Ciri khas tampilan Hachiroku-nya adalah kap mesin berbahan karbon warna hijau, ini yang membuat nama mobilnya dijuluki “The Super Mame-Go”.

Baca juga: Toyota Jepang Umumkan Gaji Chairman Akio Toyoda Rp 165 Miliar

Project Director Indonesia Modification and Lifestyle Expo (IMX) Andre Mulyadi, menyatakan kehadiran mobil ikonik ini jawaban atas banyaknya permintaan dari para penggemar otomotif di Indonesia untuk menghadirkan kembali sang legenda drift king Keiichi Tsuchiya di Indonesia.

"Tentu saja ini merupakan kebanggaan buat IMX dan pecinta otomotif di Indonesia, karena Tsuchiya San juga memberikan support besar, yaitu akan membawa Toyota AE86 yang sangat ikonik miliknya untuk pertama kalinya dipamerkan di luar Jepang, semoga publik Indonesia dapat melihat dan menyaksikan momen bersejarah ini di IMX nanti," tutur Andre, Jumat (19/7/2024).

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini