News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pemindahan Ibu Kota Negara

Pengusaha Rental Balikpapan Kewalahan Penuhi Permintaan Sewa Mobil ke IKN, Datangkan Unit dari Jawa

Editor: Choirul Arifin
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Mim Rent Car, salah satu usaha rental mobil di Kota Balikpapan yang melayani penyewaan kendaraan untuk kebutuhan ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

TRIBUNNEWS.COM - Pengusaha rental mobil di Kota Balikpapan kewalahan menerima permintaan sewa mobil menjelang upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur.

Para pengusaha rental mobil di kota ini dan kota-kota lainnya di Kalimantan Timur harus mendatangkan unit kendaraan dari Pulau Jawa, Bali bahkan Sulawesi, untuk memenuhi lonjakan permintaan tersebut.

Ketua Dewan Pengurus Daerah Asosiasi Pengusaha Rental Daerah (Asperda) Kaltim, Danum Kiswanto menyatakan, pihaknya kewalahan melayani permintaan sewa mobil yang tinggi.

Pihaknya diminta memprioritaskan armada khusus bagi tamu-tamu negara dan VVIP yang akan menghadiri upacara 17 Agustus di IKN.

Danum menambahkan, asosiasinya telah menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan Sekretariat Presiden Kementerian Sekretariat Negara terkait pengadaan transportasi untuk para tamu negara dan VVIP tersebut.

Armada Toyota Alphard untuk disewakan ke masyarakat di usaha rental Raja Transit, Kota Balikpapan. (dok. Raja Transit)

"Dari MoU itu, permintaan mencapai 100 unit dan telah dibayar uang muka sebesar 50 persen dari nilai kontrak," kata Danum.

Untuk memenuhi kebutuhan itu, Asperda Kaltim bekerja sama dengan Dewan Pengurus Pusat (DPP) Asperda Indonesia berhasil mendatangkan dukungan sejumlah unit kendaraan dari berbagai kota seperti Surabaya, Jakarta, Sidoarjo, Semarang, Solo, Makassar, Bali, dan Palu.

Kendaraan-kendaraan tersebut kini sedang dalam perjalanan menuju Kaltim. Untuk mendatangkan unit dari luar daerah memerlukan biaya pengiriman yang cukup besar, mencapai Rp 13 juta per unit mobil.

"Sehingga lonjakan harga pun sudah tidak bisa dihindari," kata Danum Kiswanto.

Meski demikian, Asperda Kaltim optimis dapat memenuhi kebutuhan sewa mobil selama perayaan HUT RI dan memastikan pelayanan terbaik bagi para tamu negara dan VVIP yang hadir di IKN.

Dengan adanya dukungan dari berbagai pihak, para pelaku usaha rental mobil di Kaltim berharap dapat memberikan kontribusi positif bagi kesuksesan perayaan HUT ke-79 RI, sekaligus mendukung kelancaran acara di ibu kota negara baru.

Baca juga: Harga Rental Mobil ke IKN Melonjak Ugal-ugalan, Alphard Tembus Rp 25 Per Hari, HiAce Rp 15 Juta

Jamil, salah satu pengusaha rental mobil di Kota Balikpapan mengaku, lonjakan permintaan kendaraan untuk kebutuhan ke IKN ini tidak terduga. Seluruh unit yang ia miliki habis dipesan jauh-jauh hari.

"Banyak sekali yang menanyakan mobil. Unit kami sudah dibooking semua sejak lama, jadi untuk saat ini sudah habis," ungkap Jamil pada Senin (5/8/2024).

Ia menambahkan bahwa dari 26 unit mobil yang dimilikinya, semuanya sudah dipesan oleh pelanggan dari luar daerah, mayoritas adalah tamu yang akan menghadiri upacara di IKN.

"Semuanya itu sudah di-booking dan rata-rata kayaknya itu pemesannya tamu-tamu peserta upacara di IKN," katanya.

Laporan reporter Zainul | Sumber: Tribun Kaltim

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini