News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pendidikan

Prospek Kerja Jurusan Teknik Sipil, Bisa Jadi Kontraktor Bangunan, Konsultan hingga PNS

Penulis: Yunita Rahmayanti
Editor: Arif Tio Buqi Abdulah
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Kontraktor jasa pertambangan PT Cipta Kridatama (CK) yang merupakan anak usaha PT ABM Investama Tbk (ABMM) kembali meraih kontrak kerjasama jasa pertambangan terbarunya dengan PT Borneo Indobara (BIB) yang merupakan anak usaha dari PT Golden Energy Mines Tbk (GEMS).-- Berikut ini Prospek Kerja Jurusan Teknik Sipil.

TRIBUNNEWS.COM - Teknik Sipil adalah ilmu terapan yang mencakup teknologi merancang, membangun, dan memelihara serta memperbaiki bangunan.

Menurut Institut Teknologi Bandung (ITB), bangunan yang dimaksud di sini sangat beragam.

Mulai dari bangunan rumah sederhana dan gedung-gedung bertingkat, jembatan, bendungan, hingga bangunan sarana dan prasarana transportasi, jembatan, bendungan, pengairan, prasarana produksi, hingga bangunan-bangunan lepas pantai seperti pada fasilitas pengeboran minyak lepas pantai, serta berbagai fasilitas pembangkit dan transmisi energi.

Singkatnya, di setiap jalan raya, kawasan gedung pertokoan ataupun bandara, semua bangunan tersebut merupakan hasil karya lulusan Teknik Sipil.

Lantas, apa saja prospek lulusan Teknik Sipil?

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Pariwisata, Bisa Jadi Tour Guide Lokal/Mancanegara hingga Travel Blogger

Prospek Kerja Teknik Sipil

Berikut ini beberapa profesi yang menjadi prospek kerja lulusan Teknik Sipil, dikutip dari Universitas Pasir Pangarain dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).

1. Konsultan Konstruksi Bangunan

Satu dari sekian peluang pekerjaan yang begitu diminati para lulusan studi di atas adalah menjadi konsultan untuk konstruksi bangunan.

Konsultan konstruksi bangunan bertugas memastikan proses pembangunan berjalan dengan lancar serta mengemban seluruh tanggung jawab untuk seluruh pekerjaan manajerial.

Selain itu, seorang konsultan harus mengatur semua rancangan bangunan, termasuk efisiensi terkait anggaran pembangunan hingga meminimalisir potensi terjadinya risiko saat pengerjaannya.

2. Kontraktor

Jika konsultan bertugas di balik layar, maka kontraktor bertanggung jawab mengeksekusinya.

Dalam pekerjaan ini, seorang kontraktor berhak dalam mengubah rencana dan rancangan maupun desain yang sudah ditetapkan konsultan sebelumnya.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini