News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Kunci Jawaban Sejarah Indonesia kelas XI Halaman 16: Kedatangan Jepang di Indonesia

Penulis: Bobby W
Editor: Daryono
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Pranata subbab 5 sejarah Indonesia kelas XI terkait Kedatangan Jepang ke Indonesia

TRIBUNNEWS.COM - Inilah jawaban dari soal-soal Latih Uji Kompetensi terkait kedatangan Jepang di Indonesia pada Bab 5 buku Sejarah Indonesia semester dua untuk kelas XI.

Bab 5 ini bertajuk Tirani Matahari Terbit yang menceritakan masa kependudukan di Jepang yang menggantikan Belanda di periode tahun 1942 hingga 1945.

Belajar sejarah Indonesia masa pendudukan Jepang ini sangat penting karena di samping mendapatkan pemahaman tentang berbagai perubahan seperti dalam tata pemerintahan dan kemiliteran, tetapi juga mendapatkan pelajaran tentang nilai-nilai keuletan dan kerja keras dari para pejuang, pengorbanan, dan keteguhan untuk mempertahankan kebenaran dan hak asasi manusia.

Pada subbab pertama dari bab 5 ini, kita membahas mengenai kedatangan Jepang ke Indonesia

Dalam subbab ini , muncul 5 soal dalam Latih Uji Kompetensi di halaman 17 terkait topik kedatangan Jepang tersebut.

Inilah soal dan kunci jawaban Latih Uji Kompetensi dalam buku Sejarah Indonesia kelas XI halaman 17:

1.Jelaskan mengapa kedatangan Jepang ke Indonesia itu berjalan cepat dan merata ke berbagai wilayah Indonesia!

Proses pengambilalihan Indonesia dari tangan Belanda oleh Jepang dapat dilakukan dengan cepat karena mereka menerapkan slogan Hakko Ichiu.

Slogan ini diperkenalkan oleh Kaisar Jimmu sebagai doktrin untuk menguasai dunia dan satu-satunya kekaisaran.

Doktrin Hakko Ichiu ini kemudian dimodifikasi sebagai alat propaganda dan alat politik untuk mencapai tujuan pemerintah Jepang.

Hakko ichiu telah menjadi slogan dan ajaran tentang kesatuan keluarga umat manusia. Ajaran ini diterjemahkan bahwa Jepang sebagai negara maju bertanggung jawab untuk membentuk kesatuan keluarga umat manusia dengan memajukan dan mempersatukan bangsa-bangsa di dunia, termasuk Indonesia.

Ajaran Hakko ichiu diperkuat oleh keterangan antropolog yang menyatakan bahwa bangsa Jepang dan Indonesia serumpun. Untuk merealisasikan keinginannya itu, maka sebelum gerakan tentara Jepang itu datang ke Indonesia, Jepang sudah mengirim para spionase untuk datang ke Indonesia pada tahun-tahun sebelumnya.

Lewat program spionase yang merata di seluruh Indonesia, Jepang mampu menyingkirkan Belanda dengan cepat karena sudah tahu seluk beluk medan yang bakal mereka hadapi jauh-jauh hari sebelum mendatangi tanah air.

Perencanaan yang matang ini pun didukung dengan momentum pengeboman Pearl Harbour oleh angkatan Perang Jepang pada 8 Desember 1941.

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini