News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Materi Sekolah

Mengenal Tiga Simbiosis dalam Lingkungan Hidup: Mutualisme, Komensalisme, dan Parasitisme

Penulis: Lanny Latifah
Editor: Tiara Shelavie
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Contoh simbiosis mutualisme yang terjadi antara burung dan kerbau/banteng. Simak materi pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas 7 SMP/MTs terkait tiga (3) macam simbiosis yang terjadi dalam lingkungan hidup.

TRIBUNNEWS.COM - Simak inilah materi tentang Macam-macam Simbiosis pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas 7 SMP/MTs.

Artikel ini hanya membahas terkait tiga (3) macam simbiosis yang terjadi dalam lingkungan hidup.

Materi dalam artikel ini, dapat menjadi referensi atau panduan siswa dalam belajar.

Diketahui, simbiosis merupakan bentuk hidup bersama antara dua individu yang berbeda jenis.

Baca juga: Apa Itu Simbiosis? Berikut Pengertian, Macam-macam, dan Contohnya

Adapun tiga (3) macam simbiosis, yaitu simbiosis mutualisme, simbiosis komensalisme, dan simbiosis parasitisme sebagai berikut:

1. Simbiosis Mutualisme

Simbiosis mutualisme merupakan suatu hubungan dua jenis individu yang saling memberikan keuntungan satu sama lain.

Contoh simbiosis mutualisme adalah antara jamur dan akar pohon pinus. Jamur mendapatkan makanan dari pohon pinus, sedangkan pohon pinus mendapatkan garam mineral dan air lebih banyak jika bersimbiosis dengan jamur.

Selain itu, hubungan antara kerbau dan burung jalak. Burung jalak mendapatkan keuntungan dengan mendapatkan kutu dari tubuh kerbau untuk menjadi makanannya, sedangkan kerbau mendapat keuntungan karena kutu di kulitnya berkurang.

Contoh simbiosis mutualisme yang terjadi antara burung dan kerbau/banteng. (pixabay.com)

2. Simbiosis Komensalisme

Simbiosis komensalisme adalah hubungan interaksi dua jenis individu yang memberikan keuntungan kepada salah satu pihak, tetapi pihak lain tidak mendapatkan kerugian.

Contoh simbiosis komensalisme adalah antara tanaman anggrek dengan pohon mangga. Tanaman anggrek mendapatkan keuntungan berupa tempat hidup, sedangkan pohon mangga tidak mendapatkan keuntungan maupun kerugian dari keberadaan tanaman anggrek tersebut.

Contoh lainnya hubungan antara ikan remora dengan ikan hiu. Ikan remora mendapatkan keamanan dari gangguan ikan pemangsa dan mendapatkan makanan dari sisa-sisa mangsa hiu. Namun, ikan hiu tidak dirugikan apapun karena ikan remora tidak merebut mangsa hiu atau kerugian lainnya.

Baca juga: Mengenal Lingkungan Sekitar, Ada Fisik, Sosial hingga Flora dan Fauna

3. Simbiosis Parasitisme

Simbiosis parasitisme merupakan hubungan dua jenis individu yang memberikan keuntungan kepada salah satu pihak dan kerugian pada pihak yang lain.

Contoh simbiosis parasitisme adalah antara kutu rambut dan manusia. Kutu rambut memperoleh keuntungan dari manusia berupa darah yang diisap sebagai makanannya sedangkan manusia akan merasakan gatal pada kulit dikepalanya.

Sumber: Buku Ilmu Pengetahuan Alam untuk SMP/MTs Kelas VII Semester 2 (2017).

*) Disclaimer: Materi soal di atas hanya digunakan oleh orang tua untuk memandu proses belajar anak dan materi hanya digunakan untuk referensi belajar anak.

(Tribunnews.com/Latifah)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini