News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Kerja Sama Kampus Bertaraf Internasional Diharapkan Cetak Lulusan Sesuai Kebutuhan Industri

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Malvyandie Haryadi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ilustrasi mahasiswa. Pemerintah melalui Kemendikbudristek mendorong kerja sama perguruan tinggi Indonesia dengan luar negeri.

Laporan wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah melalui Kemendikbudristek mendorong kerja sama perguruan tinggi Indonesia dengan luar negeri.

Kerja sama dengan perguruan tinggi luar negeri diharapkan dapat meningkatkan kualitas lulusan Indonesia.

Rektor Podomoro University, Bacelius Ruru, mengatakan kerja sama dengan perguruan tinggi luar negeri dapat menjawab tantangan Indonesia mengejar kertertinggalan.

"Melalui inisiatif seperti pemberian beasiswa dan memastikan kualitas pendidikan berstandar Internasional, sembari tetap berbudaya Indonesia, diharapkan dapat mencetak lebih banyak lulusan siap terap untuk kebutuhan industri profesional," ujar Bacelius melalui keterangan tertulis, Kamis (11/7/2024).

Bacelius mengatakan pihaknya melakukan penandatanganan MoU dengan Griffith University, Woosong University, dan Yayasan Tarumanagara.

Acara penandatanganan ini juga merupakan rangkaian dari perayaan Dies Natalis ke-11 Podomoro University.

Kerjasama multi-bidang ini membuka peluang sinergi dalam peningkatan kualitas akademik, penelitian, pengabdian pada masyarakat, program pendidikan dual-degree, hingga pelatihan untuk publik dan professional, dengan pendekatan global dan holistik.

Para mahasiswa juga mendapat kesempatan kian luas untuk eksposur pengalaman belajar hingga ke manca negara, termasuk ke Australia dan Korea Selatan.

Kepala Kerjasama Podomoro University, Felix Oktarianto, menambahkan bahwa berbagai program menarik akan segera digulirkan sebagai implementasi dari kerjasama ini, baik bagi siswa, calon siswa, maupun masyarakat luas.

Rekomendasi PTN yang Masih Buka Jalur Mandiri 2024

Terkait bagi para siswa yang belum berhasil masuk perguruan tinggi negeri (PTN) tidak perlu khawatir, karena masih ada universitas yang membuka pendaftaran seleksi jalur mandiri hingga minggu kedua Juli 2024.

Sebagai informasi, setiap PTN menawarkan berbagai jenis seleksi jalur mandiri.

Beberapa menggunakan nilai Ujian Tertulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK SNBT) 2024, sementara yang lain mengadakan seleksi mandiri dengan tes.

Tes ini diselenggarakan oleh masing-masing PTN dan biasanya menggunakan sistem Computer Based Test (CBT).

Jadi, jika masih berminat mendaftar ke PTN untuk tahun akademik 2024/2025, masih ada kesempatan melalui seleksi jalur mandiri ini.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini