News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Kurikulum Merdeka

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 12 Halaman 139 dan 140 Kurikulum Merdeka, Istilah dan Makna

Penulis: Nurkhasanah
Editor: Febri Prasetyo
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Berikut kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 12 halaman 139 dan 140 Kurikulum Merdeka, Ayo Berlatih tentang istilah dan makna.

TRIBUNNEWS.COM - Berikut kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 12 halaman 139 dan 140 Kurikulum Merdeka.

Pada soal Bahasa Indonesia kelas 12 halaman 139 dan 140 Kurikulum Merdeka, siswa diminta untuk menuliskan makna dari beberapa istilah kata.

Sebelum melihat kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 12 halaman 139 dan 140 Kurikulum Merdeka, siswa diharapkan dapat mengerjakan soal secara mandiri.

Tribunnews.com tidak bertanggung jawab atas kesalahan kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 12 halaman 139 dan 140 Kurikulum Merdeka.

Ayo Berlatih

1. Carilah makna dari istilah berikut ini.

Carilah makna dari istilah berikut ini.

Jawaban:

  • Perundungan Fisik: Tindakan intimidasi yang dilakukan sebagai usaha mengontrol korban dengan kekuatan yang dimiliki pelakunya seperti memukul, menendang, meninju, menampar, mendorong, dan serangan fisik lainnya.
  • Perundungan Verbal: Tindakan perundungan yang dilakukan secara verbal atau melalui kata-kata dengan cara mengejek, menghina, mengancam, dan sejenisnya.
  • Perundungan Siber: Tindakan perundungan yang terjadi secara online di dunia maya. Pelaku melakukan perundungan dengan cara melecehkan, mengancam, mempermalukan, dan menargetkan korban melalui media online.
  • Perundungan Sosial: Tindakan perundungan yang berkenaan dengan perundungan relasional yang bertujuan untuk merusak reputasi seseorang.
  • Perundungan Seksual: Tindakan berbahaya dan memalukan secara seksual. Intimidasi seksual ini di antaranya termasuk pemanggilan nama, gerakan vulgar, menyentuh, dan lainnya.
  • Disabilitas Fisik: Gangguan pada fungsi gerak, seperti amputasi, lumpuh, kaku, paralegi, akibat stroke, layuh, celebral palsy, akibat kusta, dan orang kecil.
  • Disabilitas Sensorik: Gangguan pada salah satu fungsi pancaindra, antara lain disabilitas netra, rungu, dan wicara.
  • Disabilitas Mental: Gangguan fungsi pikir, emosi, dan perilaku, yaitu psikososial, misalnya skizofrenia, bipolar, depresi, gangguan kepribadian.
  • Disabilitas Intelektual: Gangguan intelektual yang ditandai dengan kemampuan mental atau intelegensi di bawah rata-rata (down syndrome).

2. Kata ‘cacat’ berkembang pemakaiannya. Carilah makna dari istilah berikut ini dan buat satu kalimat dari setiap istilah.
a. cacat prosedur
b. cacat hukum
c. cacat naskah
d. cacat bahasa

Jawaban:

a. Cacat prosedur adalah suatu kebijakan yang dihasilkan dengan tidak sesuai dengan langkah-langkah, urutan, atau prosedur yang berlaku atau ditetapkan.

Kalimat: Penunjukkan Pak Gibran sebagai pimpinan perusahaan dinilai cacat prosedur.

b. Cacat hukum adalah suatu perjanjian, kebijakan atau prosedur yang tidak sesuai dengan hukum yang berlaku, sehingga dikatakan cacat dan tidak mengikat secara hukum.

Baca juga: Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 12 Halaman 125 Kurikulum Merdeka, Resensi Novel

Kalimat: Perjanjian jual beli tanah antara pihak pertama dan kedua ternyata cacat hukum.

c. Cacat naskah adalah bagian naskah yang mengandung kesalahan, keburukan, atau tidak sesuai dengan norma dan aturan.

Kalimat: Naskah drama yang akan dipentaskan mengandung penghinaan terhadap agama dan suku tertentu sehingga naskah tersebut dikategorikan sebagai cacat naskah.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini