TRIBUNNEWS.COM - Inilah 40 soal dan kunci jawaban Post Test PembaTIK 2024 Level 3: Kreasi.
Bapak/ibu guru yang mengikuti Pembelajaran Berbasis TIK atau PembaTIK kini sudah dapat mengerjakan Post Test PembaTIK Level 3: Kreasi.
Post Test PembaTIK Level 3: Kreasi dapat diakses di https://sites.google.com/belajar.id/pembatik2024-lv3 mulai 29-30 September 2024.
Salah satu soal yang muncul dalam Post Test PembaTIK Level 3: Kreasi adalah Fitur di Platform Merdeka Mengajar (PMM) yang berfungsi untuk mengunggah karya adalah...
Selengkapnya, berikut 40 soal dan kunci jawaban Post Test PembaTIK 2024 Level 3: Kreasi
Soal dan Kunci Jawaban Post Test PembaTIK 2024 Level 3: Kreasi
1. Fitur di Platform Merdeka Mengajar (PMM) yang berfungsi untuk mengunggah karya adalah...
- Refleksi Kompetensi
- Kelas
- Bukti Karya
- Komunitas
- Pelatihan Mandiri
Kunci Jawaban: Bukti Karya
2. Pak Jojo seorang guru IPAS yang sangat kreatif. Beliau sering membuat berbagai macam media pembelajaran dengan berbagai jenis dan selalu digunakan di dalam kelas. Namun sayangnya, tidak semua murid Pak Jojo bisa memanfaatkan media pembelajaran yang dibuat oleh Pak Jojo, karena keterbatasan perangkat. Alhasil, banyak murid yang hanya diam dan tidak mengikuti pelajaran dengan baik.
Berdasarkan ilustrasi kejadian tersebut diatas, dalam pengembangan media pembelajaran, prinsip apa yang belum dilakukan oleh Pak Jojo?
- Tujuan dan Peserta didik
- Fleksibilitas dan Biaya pengadaan
- Kualitas teknis dan fleksibilitas
- Peserta didik dan ketersediaan
- Efektivitas dan alokasi waktu
Kunci Jawaban: D. Peserta didik dan ketersediaan
3. Di bawah ini hal yang berkaitan dengan Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence/Al) dalam pembelajaran, kecuali...
- Al memungkinkan pembelajaran lebih adaptif, membuat konten pembelajaran, dan menganalisis kebenaran informasi
- Al memperkaya proses pembelajaran manusia dengan menyediakan alat dan teknik yang membuat pendidikan lebih efektif, personal, dan inklusif
- Al dapat membantu dalam penjadwalan, pengelolaan absensi, dan pelacakan perkembangan siswa.
- Al dapat membantu membuat pendidikan lebih inklusif dengan menyediakan alat bantu untuk siswa dengan kebutuhan khusus, seperti transkripsi otomatis untuk siswa tunarungu atau aplikasi pembelajaran berbasis gambar untuk siswa tunagrahita.
- Dengan Al proses pembelajaran lebih aktif, inovatif, dan kreatif, sehingga semua guru dapat mengajar tanpa datang ke sekolah
Kunci Jawaban: Dengan Al proses pembelajaran lebih aktif, inovatif, dan kreatif, sehingga semua guru dapat mengajar tanpa datang ke sekolah
4. Proses memadukan gambar dan suara menjadi kesatuan video yang enak dilihat dan didengar disebut dengan....
- Mixing
- Preview
- Editing
- Revisi
- Distribusi
Kunci Jawaban: Editing
5. Audiomass adalah aplikasi editing audio berbasis web. Penggunaan Audiomass terjadi di tahapan...
- Proses produksi
- Proses pasca produksi
- Penulisan naskah
- Penyusunan treatment
- Publikasi audio pembelajaran
Kunci Jawaban: Proses pasca produksi
6. Seorang guru ingin meningkatkan kualitas pembelajaran di kelasnya dengan menggunakan media pembelajaran digital. Salah satu metode yang digunakan guru tersebut adalah metode ACTION untuk membantu dalam memilih media pembelajaran yang tepat. Guru tersebut menemukan sebuah perangkat lunak (aplikasi) yang sangat interaktif dan sesuai dengan materi yang akan diajarkan. Namun diperlukan biaya yang cukup besar untuk mendapatkan aplikasi tersebut. Pertimbangan yang digunakan oleh guru tersebut termasuk pada unsur ....
- Cost
- Access
- Interactivity
- Technology
- Novelty
Kunci Jawaban: Cost
Baca juga: 40 Contoh Soal Post Test PembaTIK 2024 Level 3: Kreasi, Dilengkapi Kunci Jawaban
7. Di bawah ini yang merupakan pengertian dari Virtual Reality adalah....
- Aplikasi permainan yang dirancang khusus untuk kegiatan edukasi dalam mendukung proses pembelajaran.
- Media belajar interaktif berupa modul yang mandiri dikemas dalam bentuk digital yang bertujuan mencapai kompetensi pembelajaran yang ditetapkan, serta menjadikan peserta didik lebih interaktif dengan menggunakan media belajar tersebut
- Teknologi yang menyediakan informasi digital tentang dunia nyata dan mencakup suara, gambar dan teks
- Bentuk media yang menggabungkan banyak unsur dilengkapi dengan alat pengontrol. Dengan demikian, pengguna dapat memilih proses selanjutnya secara aktif.
- Teknologi yang membuat pengguna dapat berinteraksi dengan lingkungan 3D yang telah disimulasikan oleh komputer sehingga pengguna merasa berada di lingkungan tersebut.
Kunci Jawaban: Teknologi yang membuat pengguna dapat berinteraksi dengan lingkungan 3D yang telah disimulasikan oleh komputer sehingga pengguna merasa berada di lingkungan tersebut.
8. Sebelum suatu media dibuat, melalui tahapan pembuatan flowchart dimana kedudukan flowchart itu adalah sebagai panduan alur program yang digambarkan dalam bentuk simbol- simbol tertentu. Melalui flowchart ini, gambaran alur program dari start sampai finish tersaji secara sistematis, sehingga hal ini menjadi sangat penting sebagai pedoman bagi programmer yang akan melakukan pemrograman pada tahap berikutnya. Beda jenis media, beda pula bentuk flowchartnya.