News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pendidikan Profesi Guru

Jawaban Cerita Reflektif Modul 1 Topik 2: Merancang Pembelajaran Berdiferensiasi, PPG 2024

Penulis: Sri Juliati
Editor: Endra Kurniawan
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Contoh jawaban Cerita Reflektif Modul 1 Topik 2 tentang Merancang Pembelajaran Berdiferensiasi dalam PPG 2024.

TRIBUNNEWS.COM - Inilah jawaban cerita reflektif dalam Modul 1 Topik 2 tentang Merancang Pembelajaran Berdiferensiasi dalam PPG 2024.

Dalam Modul 1 Topik 2 PPG 2024, para guru diminta mengisi cerita reflektif tentang Merancang Pembelajaran Berdiferensiasi pada Pembelajaran minimal 50 karakter.

Pertanyaan dalam cerita reflektif Modul 1 Topik 2 PPG 2024 adalah: Sebelum mengakhiri sesi pada topik ini, ekspresikan pengalaman yang Bapak/Ibu miliki selama menjadi guru dalam merancang pembelajaran yang berorientasi pada pembelajaran berdiferensiasi melalui cerita reflektif. Ceritakan bagaimana merencanakan pembelajaran berdiferensiasi yang relevan di kelas Bapak/Ibu Guru, sehingga diyakini dapat diimplementasikan untuk mencapai tujuan pembelajaran?

Pertanyaan dalam cerita reflektif Modul 1 Topik 2 muncul di Platform Merdeka Mengajar (PMM) saat para guru mengikuti pelatihan PPG Guru Tertentu Dalam Jabatan 2024.

Bapak/ibu guru dapat menggunakan kunci jawaban di bawah ini sebagai referensi untuk menjawab cerita reflektif dalam Modul 1 Topik 2 PPG 2024.

Selengkapnya, inilah contoh jawaban cerita reflektif dalam modul 1 topik 2 tentang Merancang Pembelajaran Berdiferensiasi.

Cerita Reflektif Modul 1 Topik 2: Merancang Pembelajaran Berdiferensiasi

Pertanyaan: 

Sebelum mengakhiri sesi pada topik ini, ekspresikan pengalaman yang Bapak/Ibu miliki selama menjadi guru dalam merancang pembelajaran yang berorientasi pada pembelajaran berdiferensiasi melalui cerita reflektif. Ceritakan bagaimana merencanakan pembelajaran berdiferensiasi yang relevan di kelas Bapak/Ibu Guru, sehingga diyakini dapat diimplementasikan untuk mencapai tujuan pembelajaran?

Referensi Jawaban: 

Setelah mempelajari diferensiasi dan UbD, saya menyadari pentingnya menyesuaikan konten, proses, dan produk pembelajaran untuk memenuhi kebutuhan siswa yang beragam. Integrasi UbD dengan diferensiasi memungkinkan pengalaman belajar yang lebih bermakna dan efektif. Namun, saya perlu memperdalam pemahaman tentang penerapannya secara praktis di kelas.

Setelah membaca dan menyimak video maka refleksi saya pada topik ini terkait tentang bagaimana merencanakan pembelajaran berdiferensiasi yang relevan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Tantangan ini membuat saya berpikir tentang bagaimana merancang pembelajaran yang tidak hanya memenuhi kebutuhan semua siswa tetapi juga mendorong mereka untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.

Namun, saya juga menyadari bahwa untuk mencapai tujuan ini, saya perlu mempertimbangkan perbedaan individu di kelas saya, baik dari segi kemampuan, minat, maupun gaya belajar.

Langkah 1: Mengumpulkan Informasi

Saya mengumpulkan informasi melalui observasi, diskusi, dan tes diagnostik awal.

Baca juga: Kunci Jawaban Modul 1 Topik 2 PPG 2024 Latihan Pemahaman: Merancang Pembelajaran Berdiferensiasi

Langkah 2: Menentukan Strategi Diferensiasi

Berdasarkan pemahaman, saya memutuskan untuk mendiferensiasi pembelajaran dalam tiga aspek: konten, proses, dan produk.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini