News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pertamina Edukasi Kegiatan Anugerah Jurnalistik Pertamina 2024 di Jawa Tengah

Editor: Content Writer
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Roberth MV Dumatubun, Manager Media Communication PT Pertamina (Persero) bersama narasumber Pertamina Group menyampaikan materi sosialisasi Anugerah Jurnalistik Pertamina (AJP) 2024 kepada media di Jawa Tengah. [27/8]

TRIBUNNEWS.COM – PT Pertamina (Persero) melakukan edukasi dan sosialisasi kegiatan Anugerah Jurnalistik Pertamina (AJP) 2024 di Teritori Jawa Tengah pasca peresmian AJP secara nasional. Edukasi AJP 2024 Teritori Jawa Tengah diikuti oleh insan media cetak, elektronik serta jurnalis foto.

Vice President Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso mengatakan, pada edukasi ini Pertamina mengajak kolaborasi peran media dalam berkarya mendukung akselerasi energi sesuai tema AJP Pertamina 2024 Energizing The Acceleration.

“Media punya peran penting dalam edukasi publik, oleh karenanya melalui edukasi AJP 2024 ini, media dapat berkarya mengenai inovasi energi yang dijalankan Pertamina baik pilar bisnis maupun non bisnis,”ujar Fadjar.

Fadjar melanjutkan, teritori Jawa Tengah sebagai pilot project sosialisasi pertama di luar kota, selanjutnya sosialisasi AJP 2024 juga akan dilaksanakan di kota-kota lainnya, total 10 teritori mulai Aceh hingga Papua.

Turut hadir secara langsung Manager Media Communication PT Pertamina (Persero), Roberth MV Dumatubun beserta narasumber lainnya dari Pertamina International Shipping Manager Corporate Communication and Relations Vega Pita, Area Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Patra Niaga Jawa Tengah Brasto Galih Nugroho, serta Pertamina group lainnya seperti Kilang Pertamina RU IV Cilacap, PT Pertamina Trans Kontinental.

Pada sosialisasi AJP Pertamina 2024, berbagai program inovasi yang dijalankan PT Pertamina Patra Niaga seperti program QR Pertalite, QR Biosolar, dan pembelian LPG subsidi dengan menggunakan NIK.

Program unggulannya lainnya terkait penggunaan LPG nonsubsidi di berbagai sektor, aplikasi MyPertamina untuk mendukung MotoGP, pembelian tiket Pelita Air Services serta hotel Patra Jasa.

Pertamina juga menyampaikan inovasi yang dijalankan Fuel Terminal Boyolali seperti pilot project autoscheduling atau penjadwalan otomatis awak mobil tangki. Program autoscheduling tersebut telah dijalankan tanpa order yang outstanding di bulan Agustus 2024.

Di sektor laut, inovasi dijalankan Pertamina International Shipping (PIS) sebagai Sub Holding Integrated Marine Logistics (SH IML) yang memiliki peran penting sebagai urat nadi virtual untuk menyokong kelancaran distribusi energi nasional. Kapal-kapal PIS memastikan penyaluran energi secara tepat waktu, efektif, dan efisien. Didukung dengan kehadiran terminal energi dan jasa pelabuhan lainnya, untuk mendukung kelancaran penyediaan dan distribusi energi di seluruh wilayah Indonesia.

Baca juga: Peringati 75 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia-AS, Pertamina Hadir di WOW Indonesia Festival 2024

Seperti diketahui, AJP 2024 merupakan kompetisi jurnalistik Pertamina yang telah berjalan selama 21 tahun. AJP 2024 bisa diikuti oleh jurnalis cetak, online, elektronik serta jurnalis foto. Syaratnya, karya jurnalistik telah dipublikasikan di media massa pada rentang waktu satu tahun, sejak 6 November 2023 hingga 31 Oktober 2024.

AJP tahun ini memiliki 8 kategori lomba yang terbagi menjadi 2 pilar yakni Bisnis dan Non Bisnis. Pilar Bisnis meliputi 4 Kategori Karya yakni Karya Tulis (Media Cetak dan Online), Karya Televisi, Karya Radio dan Karya Essay Foto. Begitu juga dengan Pilar Non Bisnis terbagi menjadi 4 kategori meliputi Karya Tulis (Media Cetak dan Online), Karya Televisi, Karya Radio dan Karya Essay Foto.

“Pertamina menantikan karya-karya terbaik dari seluruh insan media untuk dikompetisikan pada AJP 2024. Pertamina telah menyediakan hadiah menarik untuk para juara baik teritori maupun nasional,” pungkas Fadjar.

Pertamina sebagai perusahaan pemimpin di bidang transisi energi, berkomitmen dalam mendukung target Net Zero Emission 2060 dengan terus mendorong program-program yang berdampak langsung pada capaian Sustainable Development Goals (SDGs). Seluruh upaya tersebut sejalan dengan penerapan Environmental, Social & Governance (ESG) di seluruh lini bisnis dan operasi Pertamina.**

Baca juga: Pertamina Jajaki Peluang Kerja Sama Strategis pada Forum Bisnis Indonesia-AS

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini