News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Tren Hunian Masyarakat Urban: Pakai Semen Ekspos, Plafon Tinggi dan Berorientasi Vertikal

Penulis: Choirul Arifin
Editor: Seno Tri Sulistiyono
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Novriansyah Yakub, prinsipal Firma Atelier Riri Architecture & Design (tengah),Wakil Ketua Umum Badan Pengurus Pusat GAPENSI, Dr. Diding S. Anwar, FMII (paling kanan) dan Head of Marketing Semen Merah Putih, Nyiayu Chairunnikma (paling kiri) di acara diskusi “Tren Urban Arsitektur, Konstruksi residensial dan Infrastruktur Untuk Kehidupan yang Lebih Baik” di Jakarta, Rabu (31/7/2024).

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Industri konstruksi Indonesia mengalami transformasi yang signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Dalam beberapa tahun ke depan, desain dalam tren konstruksi residensial diperkirakan makin mengarah pada bangunan berkonsep hijau dan berkelanjutan.

Rumah tinggal akan semakin bersirkulasi udara baik dengan adaptasi plafon tinggi, penggunaan kaca yang minimal, material ramah lingkungan, dominasi penggunaan semen ekspos, dan berorientasi vertikal.

Pada diskusi “Tren Urban Arsitektur, Konstruksi residensial dan Infrastruktur Untuk Kehidupan yang Lebih Baik” di Jakarta, Rabu (31/7/2024), Novriansyah Yakub, prinsipal Firma Atelier Riri Architecture & Design menyampaikan pengalaman membangun rumah karyanya yang mengaplikasi konsep modern dalam desain dan menghasilkan analogi bentuk rumah yang terkesan miring ke kiri.

“Kiri House 2.2 adalah pengembangan dari Kiri House 1.0 dengan penambahan fungsi ruang dan perbaikan proteksi bangunan sesuai iklim di Indonesia” ungkap Riri.

Baca juga: Hunian Pekerja Konstruksi di IKN Selesai Dibangun Dalam Waktu Tidak Lebih dari Dua Hari

Dia menjelaskan bahwa ruangan rumah diprogram untuk disesuaikan dengan implementasi kehidupan dan budaya pemiliknya. Yaitu dengan penerapan desain untuk rumah, yang lebih merujuk pada karakter pribadi pemiliknya.

Ruangan dibuat kompak untuk menciptakan gaya hidup yang praktis, sehingga rumah dirancang agar sangat fungsional. Bentuknya harus tetap estetik dan simpel dengan mengambil bentuk yang paling sederhana, yakni geometri empat sisi.

Dampaknya, rumah didesainnya lewat integrasi ruangan dan spek furniture yang fungsional, untuk menciptakan ruangan terbuka yang optimal dan multi guna.

Pendekatan ini berhasil memberikan kenyamanan dalam melaksanakan semua aktifitas di dalam rumah bagi penghuni rumah, dengan menciptakan pencahayaan dan sirkulasi udara yang baik.

Rumah tiga lantai tersebut dibangun dengan fungsi yang berbeda di setiap lantainya, seperti area terbuka untuk fungsi umum di lantai 1, ruang keluarga yang nyaman di lantai 2 dan kamar bagi penghuni yang terjaga privasinya di lantai 2.

Inovasi Desain dan Konstruksi untuk Mengantisipasi Kondisi Alam

Riri menambahkan, iklim tropis dengan kelembaban dan curah hujan yang tinggi menjadi tantangan terbesar saat mendesain rumah Kiri House 2.2. Ia menjelaskan bahwa masalah dinding yang lembab sempat dialami dalam fase awalnya di Kiri House 1.0.

Dia meyakini bahwa pendekatan inovatif desain, konstruksi dan pembangunan harus dijalankannya untuk menjawab tantangan tersebut. Contohnya, dia menerapkan pendekatan yang efektif dalam mengisolasi dan menerapkan bahan kedap air.

Selain itu, ketahanan material dan pemeliharaan rutin juga sangat mempengaruhi preferensi dari material bangunan seperti kayu, baja, semen dan beton.

Pemakaian Insulasi dan Material Kedap Air untuk Dinding dan Lantai

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini