News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Ramadan 2024

Jangan Sia-siakan Bulan Suci, Selain Puasa Perbanyak Amalan, Ini Doa Khusus 10 Hari Pertama Ramadan

Editor: Anita K Wardhani
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ilustrasi berdoa. Islam mengajarkan agar tak menyia-nyikan bulan Ramadan untuk menumpuk kebaikan, termasuk memohon pada Allah SWT dalam doa. Ini doa khusus 10 hari pertama Ramadan

TRIBUNNEWS.COM - Momen bulan Ramadan nan suci dan penuh kemuliaan ini tak disia-siakan oleh umat muslim mendekatkan diri pada Sang Pencipta dengan memperbanyak amal saleh.

Islam mengajarkan agar tak menyia-nyikan bulan Ramadan untuk menumpuk kebaikan, termasuk memohon pada Allah SWT dalam doa.

Baca juga: Menag Yaqut: Kesepakatan Sidang Isbat, 1 Ramadan Jatuh pada Selasa 12 Maret 2024

Dalam Islam terdapat waktu yang mustajab untuk berdoa, seperti pada bulan Ramadan.

Sebagaimana Rasullallah SAW pernah berkata yang artinya:

"Tuhanmu berfirman, 'Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Aku perkenankan bagimu (apa yang kamu harapkan). Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri tidak mau beribadah kepada-Ku akan masuk (neraka) Jahanam dalam keadaan hina dina.' (QS Ghafir: 60)" (HR Tirmidzi)

Maka dari itu seorang muslim hendaknya senantiasa untuk memanjatkan doa kepada Allah, terlebih di sepanjang bulan Ramadhan ini.

Nah, memanfaatkan momen bulan suci ini, ada doa 10 hari pertama dibulan Ramadhan memiliki banyak sekali keutamaan saat diamalkan.

Berikut merupakan bacaan doa 10 hari pertama di bulan Ramadhan beserta keutamaannya dan amalan-amalan lain yang bisa dilakukan, niscaya bisa mendapatkan balasan Surga seperti dilansir TribunSumsel.com (Tribunnews.com Network) 

_____

Bacaan Doa 10 Hari Pertama di Bulan Ramadhan

1. Doa Hari Pertama Ramadhan

اَللَّهُمَّ اجْعَلْ صِيَامِي فِيْهِ صِيَامَ الصَّائِمِيْنَ، وَقِيَامِي فِيْهِ قِيَامَ الْقَائِمِيْنَ، وَنَبِّهْنِي فِيْهِ عَنْ نَوْمَةِ الْغَافِلِيْنَ، وَهَبْ لِي جُرْمِي فِيْهِ يَا اِلَهَ الْعَالَمِيْنَ، وَاعْفُ عَنِّي يَا عَافِياً عَنْ الْمُجْرِمِيْنَ

Allahummaj'al shiyami fihi shiyamash shaimin, wa qiyami fihi qiyamal qaimin, wa nabbihni fihi'an nawmatil ghafilin, wa habli jurmi fihi ya llahal 'alamin, wa'fu 'anni ya 'afiyan 'anil mujrimin.

Artinya: Ya Allah, jadikan puasaku di bulan ini sebagai puasa orang-orang yang berpuasa sebenarnya, salat malamku di dalamnya sebagai orang yang salat sebenarnya, bangunkan daku di dalamnya dari tidurnya orang-orang yang lalai. Bebaskan aku dari dosa-dosaku wahai Tuhan semesta alam. Maafkan aku wahai yang memberi ampunan kepada orang-orang yang berbuat dosa.

2. Doa Hari Kedua Ramadhan

اَللَّهُمَ قَرّ ِ بْنِيْ فِيْهِ اِلَى مَرْضَاتِكَ وَجَنَّبْنِي فِيْهِ مِنْ سَخَطِكَ وَنَقِمَاتِكَ وَوَفِّقْنِي فِيْهِ لِقِرآئَةِ اَيَاتِكَ بِرَحْمَتِكَ يَااَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Allahumma qarribni fihi ila mardhatika, wa jannibni fihi minsakhatika wa naqimatika, wa waffiqni fihi liqiraati ayatika birahmatika ya arhamar rahimin.

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini