News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Uang Rp 10 Juta untuk Belanja Kue Nikah Ludes Dicopet

Editor: Sanusi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ilustrasi

Laporan Wartawan Pos Kupang, Thomas Duran

TRIBUNNEWS.COM, SOE - Seorang mahasiswi semester V Universitas Terbuka (UT) Timor Tengah Selatan, Viane Kase (21), dicopet saat berbelanja bahan kue di Toko Sahabat SoE, Selasa (12/11/2013), pukul 10.00 wita.

Kase pun kehilangan uang tunai sebanyak Rp 10 juta yang disimpan dalam tas.

AKBP Agus Hermawan, Kapolres Timor Tengah Selatan, AKBP Agus Hermawan, melalui Aiptu Don Rena, menjelaskan sebelum kejadian Kase mengambil uang tunai sebesar Rp 10 juta dari Bank BRI Cabang Hayam Wuruk SoE dan mengisinya di dalam tasa gantung miliknya.

Saat keluar dari bank, korban mengendarai sepeda motor menuju Toko Sahabat untuk belanja bahan kue persiapan pernikahan salah seorang kakak laki-lakinya. Saat di dalam toko korban mengeluarkan daftar barang dari dalam tas. Sambil memegang daftar tas tersebut yang semula terletak di samping kanannya dibanting ke belakang. Setelah meminta bahan sesuai daftar, korban menarik kembali tas ke samping agar bisa mengeluarkan uang tersebut dan membayar belanjaan ke kasir.

"Saat itulah korban kaget uang yang baru diambil dari bank itu sudah tidak ada," kata Don.

Menurut Don, setelah kejadian, korban langsung melaporkannya ke Polres Timor Tengah Selatan dan saat itu juga anggota langsung turun ke TKP dan mengamankan CCTV sekaligus memeriksa korban.

Don mengatakan, setelah melakukan pemeriksaan dan melihat rekaman CCTV anggotanya mulai mengejar pelaku. "Berdasarkan ciri-ciri yang ada dalam rekaman CCTV, anggota mulai melakukan pengejaran," tegas Don.

Selain korban, lanjut Don, polisi sudah memeriksa saksi Yunita Nubatonis yang saat itu berada di tempat kejadian.

Sesuai hasil rekaman CCTV, yang diperlihatkan kepada Pos Kupang, pelaku diduga seorang perempuan dewasa berbadan gemuk dan berambut ion yang di bagian belakangnya diikat. Saat melakukan aksi, dia mengenakan baju merah, rambut ion diikat, tangan kirinya mengenakan gelang berwarna putih dan juga tas loreng berwarna putih digantung di bahu kiri.

Dalam CCTV tersebut, juga jelas terekam, diduga pelaku membuntuti korban dari belakang saat masuk Toko Sahabat di Jalan Diponegoro Kota SoE.
Begitu korban berada di depan kasir, pelaku pura-pura masuk di antara etalase yang ada, kemudian keluar menuju kasir saat dimana berada.

Pelaku sempat menyenggol korban belakang dan berusaha masuk ke etalase yang persisi berada di sisi kanan korban sambil memegang sebuah tas kresek berwarna hitam.

Dia meletakkan kresek tersebut di atas sebuah dos, lalu tangan kiri mengambil makanan kecil, sementara tangan kanannya menyasar tas korban. Setelah itu pelaku melingkar korban dari belakang sambil menyerahkan belanjaannya dengan tangan kiri ke kasir, sementara tangan kanan tetap berada dalam tas korban.

Setelah itu, pelaku kembali ke posisinya sambil menarik tangan dari dalam tas korban dan langsung memasukannya ke dalam saku celannya bagian kanan dengan kedua tangannya. Setelah itu dia pura-pura membuka dompet di depan korban dan membayar belanjaannya tadi lalu bergerak keluar dan menghilang.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini