News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Penumpang Melalui Bandara Husein Sastranegara Capai 10.000 Orang Per Hari

Editor: Budi Prasetyo
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Bandara Husein Sastranegara Bandung

TRIBUNNEWS.COM.BANDUNG,  - Menjelang perayaan Natal 2014 dan libur tahun baru 2015, jumlah penumpang pesawat melalui Bandara Husein Sastranegara Bandung melonjak.

General Manager PT Angkasa Pura II (Persero) Yayan Hendrayani mengatakan, peningkatan penumpang sudah terjadi sejak Sabtu (20/12/2014) lalu. Bila hari biasa jumlah penumpang sebanyak 7.500 orang per harinya, meningkat menjadi 10.000 penumpang per harinya. Diprediksi kondisi seperti ini akan berlangsung hingga tahun baru.

"Rata-rata fullbook untuk airline.Bila okupansi (rata-rata) 70 sampai 80 persen, sejak beberapa hari lalu okupansi mencapai 100 persen," kata Yayan di sela pelepasan penumpang firts flight Xpress Air rute Bandung-Lampung-Palembang PP di Bandara Husein Sastranegara Bandung, Selasa (23/12/2014).

Saat ini di Bandara Husein Sastranegara terdapat 78 slot time setiap harinya dengan jumlah penerbangan domestik sebanyak 52 penerbangan dan internasional 16 penerbangan. Semua rute domestik dan internasional di Bandara Husein itu dilayani oleh 11 maskapai.

Banyaknya rute pilihan baik domestik dan internasional menjadikan Bandara Husein Sastranegara menjadi pilihan warga kota Bandung maupun Jawa Barat. Ditambah saat ini terdapat rute-rute baru yang dibuka oleh sejumlah maskapai.  "Hari ini, Xpress Air buka rute Bandung-Lampung-Palembang pulang pergi. Ini menambah rute-rute yang sudah ada," katanya.

Sebagai kesiapan, pihaknya sudah membuka posko pelayanan sebagaimana posko yang dibuka menjelang hara raya lebaran. Selain itu, pihaknya mensiagakan petugas di masing-masing divisi untuk melayani penumpang. Disinggung kendala yang dihadapi dengan meningkatnya jumlah penumpang, Yayan menegaskan tidak ada kendal berarti untuk penerbangan. Meski diakui cuaca masih menjadi kendala utama dalam dunia penerbangan.

"Sejauh ini semua berjalan lancar, cuaca masih kondusif untuk penerbangan," ujarnya.
Sementara menurut Commercial Director Xpress Air, Swandono, Xpress Air membuka rute baru yang belum terlayani di Bandara Husein Sastranegara. Dibukanya rute Bandung-Lampung-Palembang ini juga atas dasar permintaan pasar dari hasil survei.

Untuk langkah awal, rute baru Xpress Air ini akan berangkat seminggu tiga kali yakni Selasa, Kamis, dan Sabtu. "Sebelumnya sudah ada rute Bandung-Palembang, namun permintaan masyarakat tinggi untuk penerbangan Bandung-Lampung, maka kami buka rute ini," katanya.

Dengan menggunakan pesawat Boeing 737 seri 200, ia optimistis rute ini banyak peminatnya khususnya market pekerja dan pengusaha. Ke depan seiring berjalannya rute baru, pihaknya baru akan menyasar market wisatawan. "Saat ini untuk market wisatawan baru dari Lampung ke Bandung, ke depan akan ditargetkan juga wisatawan dari Bandung ke Lampung," katanya.

Menjelang libur akhir tahun ini, Xpress Air  juga laris, khususnya untuk penerbangan dari Jakarta ke Sorong, Manokwari, Jayapura, dan Manado. Tujuan-tujuan tersebut kebanyakan mereka yang ingin merayakan Natal di kampung halamannya. "Selebihnya kota-kota lain yang kami layani mengalami peningkatan untuk liburan," katanya. (tif)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini