News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Patroli TNI AL Amankan Kapal Pengangkut 15 Imigran Gelap Somalia

Penulis: Edwin Firdaus
Editor: Y Gustaman
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

ILUSTRASI: Kapal imigran gelap menuju Eropa.

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Edwin Firdaus

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kapal tanpa nama yang mengangkut 12 imigran gelap asal Somalia dan lima orang TKI ilegal berhasil diamankan patroli TNI Angkatan Laut di perairan Tanjung Impul, Sumatera Utara, Jumat (26/6/2015).

Unsur Patroli Keamanan Laut II-I-47/SSG Pangkalan Angkatan Laut Tanjung Balai Asahan (TBA), satu di antara pangkalan di bawah Komando Armada RI Kawasan Barat (Koarmabar), berhasil menangkap kapal jenis pompong bodong ini lewat patroli rutin.

Kepala Dispenarmabar Ariris Miftachurrahman mengatakan, ketika kapal patroli berada 6 mil dari Kuala Bagan Asahan, pada posisi 03. 02. 923 Lintang Utara dan 099. 53. 637 Bujur Timur, secara visual ada kapal yang gerak-geriknya mencurigakan.

"Setelah dilakukan pemeriksaan kapal tersebut ternyata mengangkut 17 orang penumpang terdiri dari 12 orang imigran gelap asal Somalia dan 5 orang Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ilegal," kata Ariris dalam keterangannya di Jakarta, Senin (29/6/2015).

Komandan Lanal TBA Letkol Laut (P) Edward H Sibuea menduga kapal berangkat dari Malaysia dan berlayar sampai ke perairan perbatasan Indonesia dan Malaysia. Para penumpang lalu ditransfer ke kapal ikan dan berlayar menuju Tanjung Balai Asahan.

Selanjutnya guna proses pemeriksaan, 12 imigran Somalia yang terdiri dari enam laki-laki, tiga perempuan, tiga anak-anak, serta lima orang TKI ilegal yang terdiri dari empat laki-laki dan satu perempuan diamankan di Posal Bagan Asahan, Sumatera Utaraā€ˇ.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini