News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Jadi Dewan Nasional Walhi, Ini yang Akan Dilakukan Gendo

Penulis: I Made Ardhiangga
Editor: Sugiyarto
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

ILUSTRASI

TRIBUNNEWS.COM, DENPASAR – Dalam Pertemuan Nasional Lingkungan Hidup (PNLH) Walhi XII yang digelar di Palembang, Sumatera Selatan, I Wayan 'Gendo' Suardana terpilih sebagai Dewan Nasional Walhi.

Menjadi salah satu Dewan Nasional Walhi, Wayan Suardana atau akrab dipanggil Gendo menuturkan terpilihnya dirinya sebagai salah satu Dewan Nasional merupakan sejarah Walhi sendiri.

“Ini baru pertama kali ada wakil dari Bali yang menjabat Dewan Nasional semacam menjadi representatif dari anggota atau model sebagai fungsi legislatif,” ucapnya, Jumat (29/4/2016).

Selain Gendo, juga ada Yaya Nur Hidayati selaku Direktur Nasional Walhi.

Sedangkan untuk Dewan Nasional dipilih Mualimin Pardi Dahlan, Bambang Catur Nusantara, Azmi Sirajudin Risma Umar.

Lebih lanjut, Gendo yang sebelumnya pernah menjabat sebagai Direktur Eksekutif Daerah Walhi Bali ini mengatakan pekerjaan rumah setelah terpilih cukup banyak, diantarnya terkait dengan reklamasi di Indonesia.

“Ada belasan wilayah yang di Indonesia yang berhadapan dengan reklamasi, dan ini mesti dicermati dan dikritisi,” terangnya.

Selain soal reklamasi di Indonesia, permasalahan Industri bagi lelaki asal Ubud, Gianyar ini juga perlu diawasi dari berbagai sisi, seperti halnya terkait permasalah hutan, perkebunan skala besar dan tambang.

Namun bagi Koordinator ForBALI ini, pekerjaan rumah terbesar adalah advokasi di sektor pulau-pulau kecil termasuk reklamasi.

“Untuk itu, saya berharap, dengan adanya saya di Dewan Nasional ini dapat menguatkan isu dan gerakan di daerah-daerah khususnya di Indonesia Timur,” tutupnya. (ang)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini