News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Tri Rismaharini Hadiri Penganugerahan Gelar Doktor Honoris Causa untuk Megawati

Editor: Y Gustaman
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini, berbincang dengan Bupati Batang, Yoyok Riyo Sudibyo, saat penganugerahan gelar Doktor Honoris Causa di bidang politik dan pemerintahan untuk Megawati Soekarnoputri di Universitas Padjadjaran, Dipati Ukur, Bandung, Rabu (25/5/2016).

Laporan Wartawan Surya, Sri Handi Lestari

TRIBUNNEWS.COM, SURABAYA - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menghadiri acara penganugerahan gelar Doktor Honoris Causa untuk Megawati Soekarnoputri di Universitas Padjadjaran, Bandung, Rabu (25//2016).

Risma mengenakan kebaya warna fuschia dipadu dengan selendang batik cokelat panjang. Dalam acara itu, Risma terlihat mengobrol akrab bersama Bupati Batang, Yoyok Riyo Sudibyo.

Megawati Soekarnoputri mendapat gelar Doktor HC dalam bidang politik dan pemerintahan berlangsung di Graha Sanusi Hardjadinata Unpad, Jalan Dipati Ukur 35 Bandung.

Pilih Pertanian

Megawati Soekarnoputri mengaku lebih tertarik kuliah di bidang psikologi, namun Bung Karno memintanya mengambil jurusan pertanian.

"Saat itu saya usia 18 tahun. Oleh Bung Karno saya diharuskan masuk ke Fakultas Pertanian, sebab urusan pangan merupakan urusan mati hidupnya bangsa," ujar Megawati dalam orasi ilmiah berjudul, "Bernegara dengan Satu Keyakinan Ideologi" saat menerima penganugerahan gelar Doktor Honoris Causa bidang politik dan pemerintahan di Universitas Padjajaran, Bandung, Rabu (25/5/2016).

Sekuat apa pun kecintaan Megawati terhadap psikologi, pada akhirnya ia mengikuti pesan Bung Karno untuk menggeluti pangan semasa kuliah karena menjadi mata pencaharian terbesar seluruh rakyat Indonesia.

Selain dapat mengerti secara ideologis hakekat kedaulatan pangan, berkuliah di Fakultas Pertanian membawa Megawati lebih memahami fundamen terpenting bagi bangsa Indonesia untuk maju di antaranya mandiri dalam bidang pangan.

Presiden ke-5 Indonesia itu menambahkan, penganugerahan gelar Doktor Honoris Causa kepadanya didasarkan pada kajian terhadap naskah pidato dan undang-undang yang lahir selama ia menjabat.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada para menteri yang telah membantu saya dengan pengabdian terbaiknya kepada bangsa ini," ujar Megawati.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini