News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Perajin Batik Mangrove Wonorejo Kebanjiran Order dari Peserta Prepcom

Editor: Sugiyarto
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

KE MANGROVE - Rombongan tamu asing melihat produk kerajinan di Area Hutan Mangrove wonorejo Surabaya, Selasa (26/7/2016).

TRIBUNNEWS.COM, SURABAYA - Pelaksanaan Preparotary Committe (Prepcom) for United Nation Habitat III Surabaya 25 - 27 Juli 2016 ternyata membawa berkah bagi sebagian warga Surabaya.

Salah satunya para perajin batik Alam Pesisir (Alsier) motif mangrove Wonorejo. Mereka mendadak kebanjiran order dan omzet penjualannya pun meningkat.

Lilik Endang (51), dan Sujiah (53), terlihat sibuk menata beberapa kain batik motif mangrove buatannya. Mereka merupakan perajin batik mangrove Wonorejo.

Dalam kegiatan UN Habitat ini, kedua orang asli Surabaya ini dilibatkan sebagai instruktur membatik untuk para tamu dari delegasi negara peserta UN Habitat sekaligus mengadu nasib mempromosikan dan menjual handicraft berupa kain batik buatannya.

Mereka terlihat sangat senang sekali, meski rasa lelahnya sudah memuncak. Maklum, dua hari mereka lembur mempersiapkan untuk menyambut UN Habitat ini.

Apalagi, beberapa kain batik mereka laku terjual. Banyak tamu asing yang tertarik dengan batik motif mangrove asli Wonorejo dan membelinya sebagai buah tangan.

Kepada Surya.co.id, Lilik mengaku, kain batiknya laris manis dibeli para tamu luar negeri. Dalam sehari, ia pun meraup untung jutaan.

"Meski saya tadi repot jadi instruktur membatik, tapi ternyata batik saya juga laku terjual. Kata menantu saya tadi ada 10 kain batik yang dibeli sama bule," katanya sumringah.

Ibu tiga anak ini mengatakan, biasanya 10 kain itu terjual dalam jangka waktu sebulan.
Namun, karena ada event ini, omzet penjualannya pun berpengaruh.

"Bersyukur yang pasti. Tapi, agak sedikit menyesal sih karena waktu kunjungan ke Mangrove cuma sebentar tidak sampai 2 jam. Semisal waktunya agak lama, mungkin kain batik saya akan semakin banyak yang terjual," terangnya.

Lilik mengatakan, mempertahankan batik mangrove ini memang susah. Apalagi di era seperti ini, banyak pesaing perajin batik modern yang hasil karya lebih baik.

"Tapi saya tidak mundur, meski banyak teman yang sudah beralih profesi dari perajin batik mangrove. Ternyata tekad saya mempertahankan batik asli Surabaya ini juga mendapatkan hati bagi para bule," katanya.

Menurutnya, ciri khas batik ini dari motif mangrovenya. Apapun warna kainnya, apapun corak atau hiasan penunjangnya, motifnya tetap mangrove.

"Ini yang kami tampilkan sehingga batik Alsier ini bisa bersaing. Tidak ada di tempat lain yang membut batik motif mangrove kalau tidak di Wonorejo," katanya.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini