News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Tahun Baru 2017

Pasukan Kuning Diliburkan, Giliran PNS Purwakarta Bersihkan Sampah Malam Pergantian Tahun

Editor: Y Gustaman
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

ILUSTRASI PASUKAN KUNING - Sejumlah petugas PPSU saat membersihkan Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Jumat (2/12/2016), saat Aksi Bela Islam usai digelar.

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mega Nugraha

PURWAKARTA, TRIBUNJABAR.CO.ID - Petugas kebersihan di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, akan diliburkan di malam pergantian tahun pada Sabtu (31/12/2016).

Biasanya, para pasukan kuning ini sibuk membersihkan jalanan usai warga merayakan malam pergantian tahun dengan menyisakan banyak sampah di sana-sini.

"Besok di malam tahun baru para pasukan kuning diliburkan, baru bekerja lagi nanti 2 Januari. Sengaja kami istirahatkan mereka," ujar Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi, Jumat (30/12/2016).

Peran pasukan kuning diambilalih para PNS dan pejabat di sejumlah satuan organisasi perangkat daerah. Mereka akan membersihkan sampah di sejumlah jalan protokol dan pusat perayaan malam tahun baru.

"Makanya nanti tukar nasib, para PNS dan saya yang ikut bersih-bersih setelah perayaan tahun baru," Dedi menambahkan.

Tradisi menukar nasib ini selalu digelar tiap malam pergantian tahun di Kabupaten Purwakarta. Ini dilakukan agar pasukan kuning bisa menemani keluarga di malam pergantian tahun.

Dikatakan Dedi, selama ini mereka selalu berada di jalan membersihkan sampah usai perayaan hari-hari besar seperti takbiran Lebaran Idul Fitri dan hari-hari lainnya.

"Tahun baru biarkan mereka beristirahat bersama keluarga, tugasnya biar kami yang menggantikan," ujar sambung Ketua DPD I Golkar Jawa Barat ini.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini