News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Erupsi Gunung Agung

Asap Abu-abu Setinggi 1.500 Meter Tanda Erupsi Semakin Dekat? Berikut Penjelasan PVMBG

Editor: Dewi Agustina
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Gunung Agung keluarkan asap setinggi 1.500 meter.

TRIBUNNEWS.COM, AMLAPURA - Sekitar pukul 20.30 Wita, Sabtu (7/10/2017), Gunung Agung mengeluarkan asap putih yang tebal dan membumbung dengan ketinggian sekitar 1.500 meter.

Ketinggian asap itu mengejutkan. Sebab, sejak dinyatakan berstatus Awas (Level 4) pada 22 September 2017 lalu, belum pernah gunung tertinggi di Pulau Bali itu mengeluarkan asap yang membumbung setinggi itu.

Selama dalam status Awas, ketinggian asap yang keluar dari kawah Gunung Agung paling banter 500 meter.

Foto asap yang membumbung itu sempat diabadikan Tribun Bali dengan kamera DLSR pada ISO 3200 low speed, dan terlihat cuaca sekitar agak sedikit terang (seperti petang hari) karena sinar rembulan.

Tak lama kemudian, kabut tebal muncul sehingga menghalangi pandangan terhadap kepulan asap tebal itu.

Baca: Setya Novanto Disebut Jadi Ancaman bagi Golkar

Kepala Sub Bidang Mitigasi Gunung Api Wilayah Timur PVMBG (Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi), Devy Kamil Syahbana menjelaskan bahwa kepulan asap tebal dari puncak Gunung Agung terjadi karena adanya pemanasan di tubuh gunung.

"Saat ini masih dominan uap air. Asap putih yang sekarang ini setinggi sekitar 1500 meter dari puncak Gunung Agung. Sebelumnya paling tinggi hanya 500 meter. Jadi ini paling tinggi asap yang terlihat," kata Devi kepada Tribun Bali di ruang monitor Pos Pantau Gunung Agung di Rendang, Karangasem, tadi malam.

Staf QNET dan para Independent Representative (IR) atau para penggiat bisnis direct selling QNET mengadakan Staff Social Responsibility (SSR) dalam donasi kepada para pengungsi Gunung Agung di lapangan Sutasoma Gianyar, Jumat (29/9/2017). Disamping mendoakan agar para pengungsi selalu sehat dan bersabar tinggal di pengungsian, QNET juga memberikan kebutuhan sehari-hari dan perlengkapan bayi yang sangat dibutuhkan pengungsi dari beberapa daerah di Karangasem. TRIBUNNEWS/HO (TRIBUN/HO)

Apakah ini tanda erupsi semakin dekat?

Devi Kamil hanya menyampaikan bahwa saat ini potensi erupsi lebih besar daripada tidak erupsi.

"Kami hanya bisa menyampaikan potensi erupsi itu probabilitasnya lebih besar daripada tidak erupsi. Kalau level kan tetap level tinggi. Jadi kalau ada peningkatan seperti ini ya wajar karena aktivitasnya sedang tinggi sekarang," jelas Devi.

Baca: Aditya dan Hakim Sudiwardono Bikin Janji Bertemu untuk Serah Terima Uang, Kodenya Pengajian

Tak lama setelah keluarnya asap yang membumbung tinggi itu, puluhan warga mendatangi Pos Pantau dengan harapan mendapatkan kejelasan informasi.

Bukan Debu Vulkanik
Sementara itu, pada Sabtu (7/10/2017) pagi terlihat asap (solfatara) berwarna abu-abu muncul dari kawah Gunung Agung.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini