News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Belasan Tahun Air Sungai di Pinggir Jalan Cibeureum Berubah Warna Kadang Merah, Cokelat Bahkan Hijau

Editor: Dewi Agustina
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Aliran Sungai Ciwarga-Sungai Cibeureum di pinggir Jalan Raya Cibeureum perbatasan Kota Bandung dan Kota Cimahi kerap kali berubah warna. TRIBUN JABAR/YONGKY YULIUS

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Yongky Yulius

TRIBUNNEWS.COM, BANDUNG - Aliran Sungai Ciwarga-Sungai Cibeureum di pinggir Jalan Raya Cibeureum perbatasan Kota Bandung dan Kota Cimahi kerap kali berubah warna.

Pada sebuah gambar yang dibagikan oleh seorang warganet ke akun media sosial Instagram Tribun Jabar, air pada aliran sungai itu tampak berwarna merah.

Warga RW 1, Kelurahan Campaka, Wawan Ridwan (47), dan warga Maleber, Jalan Raya Cibeureum, Ana Suryana (56), membenarkan aliran air Sungai Ciwarga yang langsung tersambung ke Sungai Cibeureum itu memang kerap kali berubah warna.

"Warnanya kadang merah, hitam, hijau, ungu, cokelat. Kalau yang kemarin, warnanya merah," ujar Wawan Ridwan saat ditemui Tribun Jabar di pinggir sungai itu, Senin (29/1/2018).

Baca: Saya SBY Ketua Umum Partai Demokrat, Tak Ada SBY Lain

Wawan mengatakan, lokasi aliran air sungai yang kerap kali berubah warna, mulai dari Sungai Ciwarga yang berada di dekat SMA 13 Bandung sampai masuk ke Sungai Cibeureum.

Hal senada juga dikatakan oleh Ujang (38) dan seorang petugas keamanan sebuah sekolah yang berada di Jalan Raya Cibeureum, Eki dan Sutisna.

Selain kerap kali berubah warna, dari sungai itu juga tercium bau yang menyengat.

"Bau menyengat. Seperti bau obat. Sepertinya bahan kimia," kata Sutisna.

Pantauan Tribun Jabar di lokasi, Senin (29/1/2018) sekira pukul 11.00 WIB, aliran air sungai itu masih tampak berwarna hitam keabu-abuan.

Baca: Pengakuan Dewi Soekarno: Pernah Dilamar 2 Juta Orang Kaya Amerika Sebelum Akhirnya Dinikahi Soekarno

Namun tak tercium ada bau menyengat seperti bau bahan kimia.

Sejumlah warga menyebutkan aliran Sungai Ciwarga-Sungai Cibeureum yang kerap kali berubah warna ini sudah berlangsung selama bertahun-tahun.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini