News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pilkada Serentak

Polisi akan Tembak di Tempat Bagi Perusuh Pilkada

Editor: Sugiyarto
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Anggota TNI dan Polri mengikuti simulasi pengamanan pilkada di Markas Kodam Iskandar Muda, Banda Aceh, Selasa (27/2/2018). SERAMBI INDONESIA/M ANSHAR

Laporan Wartawan Tribun Manado, Ferdinant Ranti

TRIBUNNEWS.COM, MANADO  - Kepolisian bersenjata lengkap mengawal pendistribusian logistik oleh KPU Minahasa ke TPS di Kabupaten Minahasa pada Selasa (26/6/2018)

Ketua KPU Minahasa Wisje Fenny Wilar mengatakan pihaknya menemukan 531 surat suara rusak.

"Kita temukan surat suara yang rusak, jadi ada cadangan yakni 2.5 persen dari Daftar Pemilih Tetap," kata dia.

Ia menjelaskan, ada 251.140 DPT dan 578 Tempat pemungutan suara (TPS). "Imbauan kepada masyarakat supaya semua datang di TPS memilih bawa e-KTP atau surat keterangan dinas kependudukan," ujarnya.

Kapolres Minahasa AKBP Christ Pusung mengatakan pihaknya mengerahkan 500 personil dibantu dengan Polda dan Polres Tomohon serta Polres Minut.

"Jadi ditiap TPS ada dua anggota berjaga dibantu juga dari pihak TNI dan Linmas," kata Pusung.

Ia mengimbau kepada masyarakat agar menjaga keamanan baik berlangsungnya pemungutan suara dan jangan percaya pada hoax.

"Kami siap melakukan pengamanan, diharapkan masyarakat menjaga keamanan," tegas Pusung.

"Selaku Kapolres saya menghimbau kepada warga agar tetap menjaga keamanan agar tetap kondusif," ujar Kapolres.

Ketika ditanya apa tindakan kepolisian jika ada oknum yang ingin mengacaukan Pilkada nanti, akan tindak sesuai aturan yang berlaku.

"Selama ini sudah saya himbau dan memberikan pengertian tentang risiko hukumnya. Tapi kalau pada hari H masih ada yang mengacau, pasti saya tangkap, siapapun dan apapun dia," ujar dia.

Ia mengatakan jika ada yang mengacaukan pada proses Pilkada nanti, bahkan membahayakan orang lain, pihaknya tidak segan-segan mengambil tindakan hingga tembak di tempat.

"Kita punya aturan untuk tindakan sesuai dengan situasi yang ada, sampai pada tahap tembak di tempat kalau sampai membahayakan keselamatan petugas atau orang lain," tegasnya.

Dikatakannya, mulai dari tahapan hingga sehari menjelang Pilkada, kepolisian selalu melakukan himbauan kepada warga agar tetap menjaga Keamanan dan Ketertiban Masyarat (Kamtibmas).

"Menjaga keamanan sudah menjadi kewajiban kepolisian. Bukan hanya ada Pilkada saja, tapi setiap harinya kepolisian selalu memberikan yang terbaik bagi masyarakat."

"Karena tugas pokok kepolisian adalah, memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, menegakkan hukum, memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat," pungkasnya.(*)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini