News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Tanamkan Cinta Tanah Air, IPC Fasilitasi Program Siswa Mengenal Nusantara

Editor: Eko Sutriyanto
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) atau IPC memfasilitasi program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) di Propinsi Kepulauan Bangka Belitung, untuk menanamkan cinta tanah air

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA  -  PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) atau IPC memfasilitasi program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) di Propinsi Kepulauan Bangka Belitung, untuk menanamkan rasa bangga dan cinta tanah air sejak dini kepada pelajar setingkat SMA.

Sebanyak 23 siswa-siswi SMA asal Palu, Sulawesi Tengah terpilih mendapat kesempatan belajar dan mengenal berbagai pengetahuan budaya Kepulauan Bangka Belitung.

Program SMN merupakan rangkaian kegiatan program BUMN Hadir Untuk Negeri, yang digagas Kementerian BUMN, dalam rangka Hari Ulang Tahun Republik Indonesia, 17 Agustus.

Tahun ini, IPC berkolaborasi dengan BUMN lainnya, yaitu Wika, Airnav dan BKI yang juga memfasilitasi kegiatan serupa di Palu.

Di Palu, kegiatan ini diikuti puluhan pelajar SMA dari Propinsi Kepulauan Bangka Belitung, yang diseleksi dan difasilitasi keberangkatannya oleh IPC.

“Melalui Program Siswa Mengenal Nusantara, IPC menjalankan perannya sebagai agen pemelihara semangat Kebhinekaan, serta perekat rasa kebangsaan di antara generasi muda dalam menjaga persatuan dan kesatuan,” kata Direktur SDM dan Hukum IPC, Rizal Ariansyah kepada wartawan, Selasa (14/8/2018).

Baca: Mahasiswa Asal Malang yang Tewas Tenggelam di Jerman Rencananya Akan Menikah


Di Jakarta, launching Program SMN tahun 2018 sekaligus pelepasan siswa-siswi peserta SMN telah dilakukan di Vertical Garden, Telkom Landmark Tower Jumat (10/8).

Saat itu booth Kampung SMN Bangka Belitung berkesempatan dikunjungi oleh Menteri BUMN Rini M. Soemarno.

Di Kepulauan Bangka, para peserta mendapat kesempatan mengenal lebih dekat aktivitas dan proses bisnis IPC di Pelabuhan Cabang Pangkal Balam.

Mereka juga mengikuti kegiatan bersama TNI di Markas Komando Pangkalan TNI Angkatan Laut (Mako Lanal) di Belinyu, Bangka.

Para peserta mendapatkan materi Tataran Dasar Bela Negara dan Kebijakan Pertahanan Negara, yang dikemas secara menarik dan interaktif. Selain itu, peserta diajak melihat keindahan bawah laut dan diperkenalkan aktivitas di laut.

"Kalian adalah bagian dari generasi penerus bangsa. Kalian beruntung bisa ikut kegiatan ini, maka ikuti kegiatan ini sebaik-baiknya, dan amalkan poin-poin positif yang didapat dari kegiatan ini," pesan Ahmad Mahdi Loebis, Perwira Pelaksana Pangkalan Angkatan Laut Bangka Belitung, saat menyambut peserta di Mako Lanal Bangka Belitung.

Selain itu, siswa-siswi juga diberikan pelatihan tentang jurnalistik sebagai pembekalan dalam penulisan diary Siswa Mengenal Nusantara dan berkesempatan mengunjungi Rumah Kreatif BUMN (RKB) dan AirNav KCP Pangkal Pinang.

Sedangkan di Belitung, selain diajak berkeliling kantor IPC di Pelabuhan Tanjung Pandan untuk melihat langsung kegiatan di pelabuhan, peserta Siswa Mengenal Nusantara juga diantar ke lokasi pengembangan budaya dan tradisi Belitung, seperti Museum Tanjung Pandan dan Museum Rumah Tradisional Belitung.

Tak hanya itu, para peserta juga diajak melihat replika SD Muhammadiyah, tempat sekolah anak-anak Laskar Pelangi yang terkenal lewat film dan novel karya Andrea Hirata.

Selanjutnya, tanggal 17 Agustus, siswa-siswi asal Palu itu akan mengikuti upacara bendera 17 Agustus di Pelabuhan Tanjung Pandan sebagai puncak acara, serta ikut meramaikan pesta rakyat bersama warga dan sejumlah instansi pemerintahan di Belitung.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini