News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Harimau Sumatera Terjebak di Antara Ruko Warga, BBKSDA Riau Turunkan Tim dari Rengat dan Pekanbaru

Editor: Dewi Agustina
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Posisi Harimau Sumatera yang terjebak di antara ruko warga di Desa Pulau Burung, Kecamatan Pulau Burung, Inhil. Foto diunggah ke media sosial oleh netizen dengan nama akun Udo Ardi.

Laporan Wartawan Tribuntembilahan.com, T Muhammad Fadhli

TRIBUNNEWS.COM, TEMBILAHAN - BBKSDA Riau menurunkan dua tim untuk merespon terperangkapnya Harimau Sumatera di ruko milik warga di kilometer 00, Desa Pulau Burung, Kecamatan Pulau Burung, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Rabu (14/11/2018).

Kepala BBKSDA Inhil, Suharyono menuturkan, tim pertama dari Rengat, Indragiri Hulu (Inhu) berjumlah 5 orang langsung menuju lokasi.

Selanjutnya tim kedua dari Kota Pekanbaru meluncur sekitar pukul 15.30 WIB dengan di perkuat tim medis serta peralatan seperti bius dan lainnya diperkirakan sampai, Kamis (15/11/2018) sekitar pukul 02.00 dini hari.

"Kita menerima quick respon call center terkait harimau terjebak diantara dua ruko sekitar sekitar pukul 10.00 WIB. Langsung kita kabari teman-teman untuk merespon," ujarnya.

Namun karena jarak lokasi kejadian dari Pekanbaru lebih kurang 10 jam, sehingga Suharyono langsung berkoordinasi dengan unsur Forkompimcam setempat sembari menunggu tim BBKSDA sampai di lokasi.

"Ternyata respon Pak Camat, Kapolsek dan Danramil bagus dalam melokalisir dan melakukan sosialisasi tidak ada tindakan anarkis atau apapun dari masyarakat terhadap Harimau. Itu yang paling utama sehingga diharapkan tidak ada korban pada masyarakat dan juga harimaunya bisa juga diselamatkan," jelas Suharyono.

Setelah nantinya sampai di lokasi, menurut Suharyono, tim akan melakukan orientasi lapangan dan tindakan seperlunya.

"Langkah berikutnya tentunya kita lakukan evakuasi, termasuk cek kesehatan kepada harimau tadi. Kita melakukan observasi dan rehabilitasi, stres (HS) perlu waktu," ucapnya.

Setelah rehabilitasi selesai, BBKSDA akan mencari tempat huni berikutnya yang sesuai dengan habitatbsi belang tersebut.

"Ada beberapa lokasi sesuai dengan habitatnya, kemungkinan besar harimau daratan rendah rawa harus mencari alternatif sesuai habitat asli. Harimau sudah cukup dewasa tapi jenis kelamin belum diketahui," katanya.

Sebelumnya, Harimau Sumatera masuk ke pemukiman warga di kilometer 00, Desa Pulau Burung, Kecamatan Pulau Burung, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Rabu (14/11/2018).

Kali ini binatang buas tersebut terlihat oleh warga dalam keadaan terjebak di antara dinding ruko milik warga.

Setelah sempat mencoba melarikan diri karena banyaknya warga yang menyaksikannya terjepit, Harimau Sumatera tersebut akhirnya kembali untuk bersembunyi di bawah kolong ruko milik warga tersebut.

Artikel ini telah tayang di Tribunpekanbaru.com dengan judul BBKSDA Riau Turunkan 2 Tim Tangani Harimau Sumatera yang Terjebak Diantara Ruko Warga di Inhil

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini