News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Ridwan Kamil Sumbang Desain Masjid untuk Dibangun di Gaza, Palestina

Editor: Sugiyarto
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Didi (kedua dari kiri) berhasil mendapatkan kemeja berdesain bendera Palestina seharga Rp 15 juta yang dilelang Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil seusai peluncuran desain Masjid Besar Indonesia Pertama yang akan dibangun di Gaza Palestina pada gelaran Jabar Peduli Palestina di Masjid Salman ITB, Jalan Ganeca, Kota Bandung, Minggu (27/1/2019). Aman Palestina bekerjasama dengan Kementerian Wakaf dan Urusan Agama Palestina serta Badan Wakaf Salman ITB berkomitmen mengumpulkan donasi dari warga Jawa Barat untuk membangun ulang Masjid Syekh Ajlin di Jalur Gaza Palestina yang dihancurkan agresi Israel tahun 2014, dengan anggaran yang diperlukan sebesar Rp 20 miliar. (TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN)

TRIBUNNEWS.COM, BANDUNG - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, yang juga seorang arsitek ini mengumumkan desain masjid untuk dibangun di Gaza, Palestina, kepada publik.

Desain karyanya itu, kemudian ia titipkan kepada organisasi Aman Palestin, untuk kemudian dilakukan sosialisasi penggalangan dana.

"Kita ada aspirasi dari masyarakat Gaza Palestina yang masjidnya hancur akibat peperangan, ini inisiatif Aman Palestin memberikan gagasan bagaimana kalau kita rakyat Indonesia minimal Jawa Barat, untuk melakukan 'udunan,' bagaimana kita bisa memberikan bantuan membangun kembali masjid yang hancur itu," kata Emil, panggilan Gubernur Jabar, di Masjid Salman ITB, Minggu (27/01/2019).

Gubernur Emil menyebut, desain masjid untuk Palestina dipilih sesuai permintaan warga di Gaza.

Dari empat desain yang diperlihatkan Emil sebagai opsi, masyarakat Gaza memilih desain masjid berkubah.

"Konsepnya 5 kubah utama yang menyimbolkan rukun Islam," jelas Emil.

Adapun dinding masjid, menggambarkan relief Asmaul Husna. Sementara ornamen khas Jawa Barat juga akan diadaptasi pada interior masjid.

Terkait anggaran, Emil memperkirakan masjid ini membutuhkan dana sekitar Rp 20 miliar. Masjid akan dibangun di atas tanah seluas 1.200 meter persegi.

"Alhamdulillah sekarang desainnya sudah selesai. Kita rilis ke publik dan akan kita mulai proses penggalangan dana. Entah kapan selesai tapi minimal kita niatkan dulu," katanya.

"Feeling saya, dana Rp 20 miliar ini terkumpul dalam 3 bulan," kata Emil.

Untuk mengumpulkan dana tersebut, Emil mengajak seluruh masyarakat Indonesia, khususnya warga Jawa Barat, agar turut berkontribusi dengan menyisihkan dana untuk pembangunan masjid dua lantai, dengan luas lantai 1.500 meter persegi itu.

Direktur Aman Palestin, Miftahuddin Kamil menyatakan, masjid dengan desain karya Ridwan Kamil akan dibangun di atas tanah bekas Masjid Syekh Ajlin yang hancur rata akibat peperangan.

"Masjid tersebut berada di jalur Gaza atau 50 kilometer dari Kota Gaza dan berdekatan dengan Laut Mediterania," ungkapnya.

Harapannya, masjid karya Gubernur Jawa Barat ini, juga akan menjadi masjid Jawa Barat, atau bahkan masjid Indonesia pertama yang berdiri megah di tanah Palestina. (Sam)
 

Artikel ini telah tayang di tribunjabar.id dengan judul Ridwan Kamil Sumbangkan Desain Masjid untuk Dibangun di Gaza, Palestina

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini