News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Camat Bogor Utara Beberkan Rencana Pembangunan Kampung Tematik di Musrenbang

Editor: Content Writer
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan di Gedung PGRI, Jalan Pangeran Ashogiri, Tanah Baru, Bogor Utara, Rabu (30/1/2019).

Camat Bogor Utara Atep Budiman membeberkan rencana Kecamatan Bogor Utara yang akan membangun sejumlah Kampung Tematik atau Kampung Wisata.

Rencana itu disampaikannya di sela Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan di Gedung PGRI, Jalan Pangeran Ashogiri, Tanah Baru, Bogor Utara, Rabu (30/1/2019).

“Setiap kelurahan akan dibangun Kampung Tematik, seperti di Kelurahan Bantarjati ada Kampung Kreatif, Kelurahan Cibuluh ada Kampung Batik Pancawati, demikian juga Kelurahan Tegal Gundil akan ada Kampung Batik juga,” ujarnya.

Lebih lanjut Atep membeberkan, Kelurahan Kedung Halang tepatnya Kampung Bebek dengan topografi di sisi sungai Ciliwung, akan direncanakan menjadi Kampung Wisata yang memanfaatkan fungsi sungai.

“Mudah-mudahan ini bisa berjalan, ke depan kesan banjir coba kita reduksi dengan menjadi Kampung Wisata,” kata Atep.

Di Kelurahan Tanah Baru dikenal Kampung Selaras Tepi Sungai tepatnya di RW 2 yang dilintasi Sungai Ciluar, yang menurut Atep proses perencanaan, edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat sudah berjalan sejak 2018 dan saat ini sedang dipersiapkan kerjasama dengan alumni IPB dan Rancage.

“Partisipasi masyarakat dibutuhkan agar rencana tersebut bisa wujud sehingga kedepannya akan hadir fresh market atau floating market saat akhir pekan,” tandasnya.

Di Kelurahan Ciparigi, lanjut dia, ada Kampung Kaum yang akan dijadikan Kampung Tematik, saat ini sedang berjalan proses penjajakan dan perumusan kerjasama dengan pihak Pegadaian.

“Terakhir di Kelurahan Cimahpar ada Kampung Setan Telaga Jati yang berkolaborasi dengan program kotaku yang infrastrukturnya sudah terkucur sekitar Rp 5 miliar untuk jalan, paving blok dan drainasenya. Jadi mohon doa dan dukungan semua pihak agar rencana mewujudkan kampung Tematik di Kecamatan Bogor Utara bisa terwujud sesuai jadwal dan harapan semua pihak,” pungkas Atep.

Sebelumnya, Atep menerangkan sudah melaksanakan kegiatan Musrenbang di 8 kelurahan Kecamatan Bogor Utara yang menjaring sekitar 983 usulan dengan total nilai sekitar Rp 264,1 Miliar. (*)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini