News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Kapal Pesiar Australia Ditemukan Setelah 4 Hari Hanyut di Perairan NTT, Seorang Penumpangnya Sakit

Editor: Dewi Agustina
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Kapal Yacht Lost yang ditemukan tim SAR, Sabtu (2072019) usai terbawa arus selama empat hari dari Perairan Sabu hingga Perwira Sumba Timur NTT. POS-KUPANG.COM/RYAN NONG

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ryan Nong

TRIBUNNEWS.COM, KUPANG - Kapal pesiar ringan (yacht) berbendera Australia, Lost akhirnya ditemukan tim Pos SAR Waingapu usai dikabarkan hanyut sejak Selasa (16/7/2019) lalu.

Kapal tersebut ditemukan di Perairan Sumba Timur - NTT pada Sabtu (20/7/2019) sekira pukul 19.49 Wita.

Saat itu kapal berada pada perairan yang berjarak 19,31 nm dengan radial 100,17° dari Pelabuhan Waingapu, Kabupaten Sumba Timur.

Kepala Kantor SAR Kupang Emi Freezer melalui Kepala Bagian Humas, Petronela Amabi kepada POS-KUPANG.COM pada Sabtu malam menjelaskan, kapal yacht tersebut berangkat dari Pelabuhan Pulau Sabu pada Selasa (16/7/2019) sekira pukul 08.00 Wita.

Dalam perjalanan kapal tersebut hanyut terbawa arus dari perairan Sabu.

Ia mengatakan, pihak Pos SAR Waingapu menerima laporan tentang kapal Yacht dengan dua penumpang yang terseret arus tersebut pada Sabtu sekira pukul 15.00 Wita.

Kapal Yacht Lost yang ditemukan tim SAR, Sabtu (2072019) usai terbawa arus selama empat hari dari Perairan Sabu hingga Perwira Sumba Timur NTT. POS-KUPANG.COM/RYAN NONG (Pos Kupang/Ryan Nong)

"Usai terima laporan, sekitar pukul 15.20 Wita, tim Pos SAR Waingapu mulai bergerak melakukan operasi pencarian. Operasi tersebut melibatkan Kantor SAR Kupang, Pos SAR Waingapu dan KSOP Waingapu dengan anggota tim berjumlah delapan orang," katanya.

Pada pukul 19.49 Wita, lanjut Petronela, Tim SAR gabungan berhasil menemukan kapal yacht yang dinakhodai oleh Toni Barito tersebut di koordinat 09°53'31,9" S 120°43'34,8 E. Saat ditemukan, satu orang penumpang dalam keadaan sakit.

Petronela menambahkan, untuk korban sakit dievakuasi menuju Pantai Melolo dan selanjutnya dibawa ke Puskesmas Melolo untuk mendapatkan pertolongan dan perawatan medis.

Kondisi cuaca saat pencarian, menurut Petronela terpantau cerah berawan dengan angin Timur Selatan yang bertiup dengan kecepatan 10 - 20 Kts dan tinggi gelombang mencapai 3 meter.

Usai ditemukan, kapal Yacht tersebut kemudian dipandu menuju pelabuhan Waingapu oleh tim SAR.

Artikel ini telah tayang di pos-kupang.com dengan judul BREAKING NEWS: Empat Hari Hanyut di Perairan NTT, Kapal Pesiar Australia Akhirnya Ditemukan

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini