News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Wabup KBB Sebut Daerahnya Mendapatkan Keuntungan Ini Jika Ibukota Jabar Pindah ke Walini

Editor: Eko Sutriyanto
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Wakil Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNNEWS.COM, BANDUNG  - Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Bandung Barat mendukung rencana pemindahan ibukota Jawa Barat dari Kota Bandung ke kawasan Walini di Cikalong Wetan, Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Kepala Bappeda Bandung Barat, Asep Wahyu mengatakan,  jika nantinya kawasan Walini menjadi ibukota Jabar bakal ada keuntungan yang bakal didapatkan masyarakat dan Pemkab Bandung Barat.

"Keuntungan bagi Pemkab, nanti akses untuk ke Pemprov kan jadi dekat. Jadi kalau pindah kesana dari sisi akses sangat menguntungkan bagi kami," ujarnya saat dihubungi Tribun Jabar melalui sambungan telepon, Kamis (29/8/2019).

Sementara keuntungan bagi masyarakat, kata Asep, nantinya tingkat perekonomian mereka juga akan meningkat, sehingga Pemkab Bandung Barat mendukung dengan adanya rencana tersebut.

Wakil Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan mengatakan, pihaknya sudah memiliki kesiapan wilayahnya untuk dijadikan ibukota Jawa Barat yang sudah direncanakan Gubernur Jabar, Ridwan Kamil.

Baca: Perempuan Berusia 15 Tahun di Bandung Barat Dirudapaksa 5 Pemuda dan Disekap 2 Hari

"Sarana penunjang infrastruktur untuk menunjang ibu kota provinsi sudah disiapkan di Walini, seperti Transit Oriented Development (TOD) kereta cepat Bandung - Jakarta dan juga dibukanya exit tol Cikalong," katanya.

Menurutnya, jika pusat pemerintahan provinsi pindah ke Walini tentunya akan mempercepat laju pembangunan di KBB dan potensi wisata lokal serta ekonomi daerah bisa terkatrol secara cepat.

"Kami juga berencana untuk membangun stadion dan studio syuting di Cikalong, sehingga nantinya Walini bisa menjadi wilayah mandiri yang baru," ujarnya.

Sementara secara iklim, menurutnya, wilayah Walini itu masih tergolong wilayah yang sejuk karena lokasinya yang berada di ketinggian.

Seperti diketahui, Gubernur Jabar Ridwan Kamil bakal mengkaji rencana pemindahan ibukota Jawa Barat dari Kota Bandung dan sudah menentukan tiga lokasi. Selain Walini di Cikalongwetan, Tegalluar di Bojongsoang dan Segitiga Rebana (Cirebon-Kertajati-Patimban) juga menjadi kandidat.

Artikel ini telah tayang di tribunjabar.id dengan judul Rencana Ibukota Jabar Pindah ke Walini, Disebut Bakal Ada Keuntungan, Wabup KBB Sudah Siap

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini