News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Upaya Pemkot Bogor Pantau Pertumbuhan Balita Selama Pandemi Covid-19

Editor: Content Writer
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

TRIBUNNEWS.COM, BOGOR - Di masa Pandemi Covid-19, gizi balita menjadi rentan karena dampak ekonomi dan dampak pelayanan kesehatan yang kurang optimal sehingga sangat diperlukan upaya memantau pertumbuhan balita agar status gizi balita terjaga dan tidak jatuh menjadi gizi buruk maupun stunting.

Selama ini pemantauan pertumbuhan balita dilaksanakan di posyandu, sedangkan mengacu pada situasi terkini, Kota Bogor dalam posisi Zona Oranye sehingga pelayanan di posyandu tidak direkomendasikan oleh Gugus Tugas Covid-19.

Walaupun demikian, pelayanan kesehatan terhadap bayi dan balita tidak boleh terhenti.

Bulan Agustus merupakan Bulan Penimbangan Balita (BPB) dimana dilaksanakan pemantauan pertumbuhan balita dan pemberian kapsul Vitamin A dosis tinggi kepada balita usia 6-59 bulan.

Balita usia 6-11 bulan mendapat 1 (satu) kapsul vitamin A dosis tingggi warna biru dengan dosis 100.000 IU dan balita usia 12-59 bulan mendapat 1 (satu) kapsul vitamin A dengan dosis 200.000 IU.

Berdasarkan pemantauan pertumbuhan balita dan pemberian Vitamin A di Bulan Februari, data status gizi di Kota Bogor adalah underweight 5.46%, wasting 4.37% dan stunting 9,19%.

Sedangkan, capaian pemberian vitamin A bulan Februari cukup tinggi yaitu 98,17%.

Agar kegiatan Pemantauan pertumbuhan balita dan pemberian Vitamin A bulan Agustus selama pandemi di Kota Bogor dapat terlaksana sesuai dengan tujuan, diperlukan koordinasi berjenjang dari Tingkat Kota hingga ke Tingkat Kelurahan.

Kegiatan ini diawali dengan Sosialisasi Petunjuk Pelaksanaan Pemantauan pertumbuhan balita dan pemberian Vitamin A Bulan Agustus selama Pandemi di Kota Bogor untuk Puskesmas yang dilakukan pada Selasa (28/07/2020) melalui daring.

"Salah satu kelompok rawan dalam masa pandemi Covid-19 ini adalah balita sehingga diperlukan pemantauan status gizi balita yang dapat dilakukan dengan pengukuran dan penimbangan balita melalui Bulan Penimbangan Balita. Hasil tersebut digunakan untuk dijadikan bahan perencanaan di masa yang akan datang," ujar Dr Erna Nuraena mewakili Kepala Dinas Kesehatan Kota Bogor.

Sosialisasi Petunjuk Pelaksanaan Pemantauan pertumbuhan balita dan pemberian Vitamin A Bulan Agustus selama Pandemi di Kota Bogor juga dilakukan untuk Lintas Sektor meliputi TP-PKK Kota, TP-PKK Kecamatan, TP-PKK Kelurahan, DPMPPA, Dinas Pendidikan, Himpaudi dan IBI yang dilaksanakan melalui daring pada Kamis (30/07/2020) lalu.

Yanti Dedi A. Rachim yang mewakili Ketua TP-PKK Kota Bogor selaku Bunda Peduli Stunting menyampaikan ucapan terima kasih dan memotivasi kepada jajaran TP-PKK baik di kecamatan, kelurahan dan posyandu.

"TP-PKK dan kader berperan sebagai garda terdepan dalam pelaksanaan pemantauan pertumbuhan balita yang dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan seperti menjaga jarak, memakai masker dan membiasakan cuci tangan dengan sabun," ujarnya.

Pemantauan pertumbuhan balita dan pemberian Vitamin A bulan Agustus selama pandemi di Kota Bogor dilaksanakan dengan beberapa alternative pilihan cara diantaranya:

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini