News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Lepas Ekspor Komoditas Sulut, Olly Dondokambey Sebut Roda Ekonomi Mulai Bergerak

Editor: Hasanudin Aco
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Gubernur Provinsi Sulut Olly Dondokambey Kapolda Sulut Irjen Royke Lumowa, Sekretaris Daerah Provinsi Edwin Silangen disaksikan dokter hewan (drh) Donni Muksydayan MSi Kepala Balai Karantina Pertanian Kelas I Manado, disaksikan tamu undangan yang hadir menyaksikan pajangan hasil Komoditas Sulut yang akan diekspor, Selasa (25/8/2020).

TRIBUNNEWS.COM, MANADO - Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey melepas ekspor cengkih melalui Balai Karantina Kelas 1 Manado di Container Freight Station (SFS) Pelabuhan Internasional Bitung, Sulut, Selasa (25/8/2020).

Olly menyambut baik ekspor cengkih yang menjadi komoditas pertanian andalan Sulut.

“Kita bersyukur dalam kondisi seperti ini, kita masih bisa melakukan ekspor. Ini menandakan roda ekonomi kita mulai bergerak. Kita harapkan sinergitas antara pemerintah dan swasta untuk terus menggerakan perekonomian ini makin baik,” kata Olly dalam keterangannya, Selasa (25/8/2020).

Baca: Komitmen Presiden Jokowi untuk Warga Bunaken Direalisasikan Gubernur Sulut Olly Dondokambey

Sekadar diketahui, ekspor dilakukan untuk beberapa komoditas lainnya ke 15 negara tujuan antara lain Tiongkok, India, Singapura, Thailand, dan Belanda.

Nilai total ekonominya sebesar Rp47,8 miliar.

Pada kesempatan itu Olly juga mengapresiasi Balai Karantina yang sudah bekerja dengan baik.

“Ini adalah sebuah kepercayaan yang harus kita jaga, karena negara-negara tujuan pasti mengharapkan kualitas produk yang kita ekspor itu benar-benar mutunya dapat dijamin dengan sangat baik,” ujar Olly sambil menggunting pita pelepasan ekspor.

Olly menambahkan Pemerintah Provinsi Sulut terus berusaha agar komoditas andalan seperti pala dan kopra, mendapatkan pasar ekspor yang baru.

Dengan begitu, diharapkan dapat mendongkrak harga menjadi lebih baik lagi.

Olly menjelaskan mengacu data Badan Pusat Statistik pada periode Juli 2020, sektor pertanian meningkat sebesar 24,1% (month to month), dan Sulut pun turut berkontribusi.

Lebih lanjut disampaikan, sepanjang periode Semester I tahun ini, pertumbuhan ekspor pertanian Sulut mencapai 17,82% yang didominasi nabati dan minyak.

Sumber: Tribunnews.com/Tribun Manado

Artikel ini telah sebagian tayang di tribunmanado.co.id dengan judul Ekspor Komoditas Pertanian, Gubernur: Tingkatkan Mutu, Jangan Mainkan Beratnya

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini