News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Transparansi Pengadaan Barang dan Jasa di Pemerintah, Pemprov Riau Kolaborasi dengan Mbizmarket 

Penulis: Lita Febriani
Editor: Eko Sutriyanto
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Mbizmarket

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM, RIAU  - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau bekerjasama dengan Mbizmarket untuk pengadaan barang dan jasa kebutuhan dengan nilai belanja maksimal hingga Rp 50 juta per-transaksi.

Pemprov Riau akan mengadaptasi pemanfaatan platform perdagangan elektronik Mbizmarket untuk meningkatkan efektifitas dan efiesien belanja pemerintah. 

CEO Mbiz Rizal Paramarta, mengatakan pihaknya sangat senang dan bangga terpilih untuk mendukung Pemerintah Provinsi Riau dalam melakukan transformasi digital pengadaan barang dan jasa di lingkungan pemerintah.

Selain menghadirkan infrastruktur teknis untuk dukungan transaksi pemerintah dalam pengadaan barang dan jasa, Mbizmarket juga siap membantu pertumbuhan UMKM di Riau dengan membuka jaringan pasar bagi UMKM di Riau untuk memperoleh akses menjadi penyedia bagi kebutuhan belanja barang atau jasa pemerintah.

"Kami juga ingin membuka jalan bagi UMKM untuk menjangkau prospek pembeli baik dari kalangan pemerintah maupun swasta secara nasional. Kami juga akan membantu dan memberikan akses bagi UMKM di Riau untuk memperoleh permodalan, melalui fitur layanan pinjaman yang ada di platform Mbizmarket, yang sudah dinikmati manfaatnya oleh banyak UMKM sejak tahun lalu," jelas Rizal melalui keterangannya pada wartawan, Rabu (28/4/2021).

Baca juga: Investasi Bodong Edinar Coin Gold di Riau, Pelaku Sikat Uang Nasabah Hingga Rp 60 Miliar

Dengan terealisasinya kerjasama ini, Riau menjadi provinsi pertama di pulau Sumatera yang menjalin kerjasama dengan Mbizmarket di tahun 2021.

Gubernur Pemerintah Provinsi Riau Syamsuar, menyampaikan Pemerintah Provinsi Riau berupaya menghadirkan solusi terhadap UMKM di Riau yang jumlahnya kurang lebih 191.778, di mana 37.027 berdomisili di Pekanbaru, dalam pelibatan belanja pengadaan pemerintah dengan melakukan kolaborasi dengan e-marketplace untuk menyediakan flatform belanja digital (toko daring).

"Potensi belanja pengadaan barang maupun jasa pemerintah bagi UMKM di Riau dapat mencapai Rp 715 milyar atau sekitar 40 persen dari total belanja pengadaan pemerintah pada tahun 2021. Kerjasama antara Pemprov Riau dan Mbizmarket ini dilakukan untuk menghasilkan barang dan jasa yang berkualitas berdasarkan prinsip value for money dan kontribusi dalam peningkatan penggunaan produk Daerah, peningkatan peran usaha mikro, usaha kecil dan usaha menengah," ungkap Syamsuar.

Baca juga: Sama-sama Disebabkan oleh Nyamuk, Kenali Perbedaan Penyakit Malaria dan DBD

Selama masa pandemi, Mbiz.co.id dan Mbizmarket.co.id mengalami pertumbuhan bisnis yang signifikan, serta mencatat kinerja penjualan dua kali lipat dibanding tahun 2019. 

Kenaikan angka penjualan tersebut didorong dari keberhasilan Mbiz dalam memenuhi kebutuhan alat kesehatan dari berbagai perusahaan swasta dan juga pemerintah provinsi daerah.  

"Kerjasama Mbizmarket dengan Pemerintah Provinsi Riau ini diharapkan dapat direplikasi oleh pemerintah provinsi lain di Tanah Air," ucap Rizal.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini