News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Diduga Tersesat Saat Turun dari Gunung Hauk di Kabupaten Balangan Kalsel, Umar Belum Ditemukan

Editor: Dewi Agustina
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ilustrasi. Hingga Kamis (14/7/2022) kemarin, pencarian Umar alias Uu, pendaki Gunung Hauk yang tersesat belum membuahkan hasil.

TRIBUNNEWS.COM, PARINGIN - Hingga Kamis (14/7/2022) siang, pencarian Umar alias Uu, pendaki Gunung Hauk yang tersesat belum membuahkan hasil.

Umar sebelumnya dikabarkan hilang saat melakukan pendakian ke Gunung Hauk, di wilayah Desa Ajung, Kecamatan Tebingtinggi, Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Selasa (12/7/2022).

Umar diperkirakan tersesat saat turun dari Gunung Hauk, Rabu (13/7/2022).

Umar adalah seorang Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) STIMI Banjarmasin angkatan ke enam.

Kabar mahasiswa hilang tersebut beredar cepat pada jaringan pesan grup Whatsapp yang kemudian ditindaklanjuti oleh tim TRC BPBD Kabupaten Balangan.

Baca juga: Pendaki asal Magelang Alami Gejala Hipotermia di Gunung Lawu, Evakuasi Libatkan Belasan Relawan

"Informasi yang kami dapat, kedua temannya baru menyadari Umar tidak ada ketika turun pendakian," jelas Ketua TRC BPBD Kabupaten Balangan, Kudratullah.

Kedua rekan Umar, Latif dan Noval yang juga merupakan anggota Mapala STIMI Banjarmasin, mendatangi warga Desa Ajung Balangan untuk minta tolong melakukan pencarian.

Kepada TRC BPBD Balanga, warga Desa Ajung, menginformasikan, ada enam orang anggota Pokdarwis Desa Ajung yang mendaki pada malam ini setelah mendengar kabar ada pendaki yang tersesat.

"Kami juga akan ke Desa Ajung besok pagi untuk melakukan pencarian," kata Kudtatullah.

Sementara itu, pencarian masih dilakukan oleh warga setempat.

Kemarin Tim Search and Rescue (SAR) kembali melanjutkan proses pencarian.

Warga setempat maupun relawan, Basarnas serta TRC BPBD Kabupaten Balangan, bekerja sama melakukan pendakian untuk mencari Umar.

Baca juga: Cerita Umar Tersesat Saat Turun Gunung Hauk Balangan, Sempat Panik Tapi Berupaya Menenangkan Diri

Beberapa tim sudah dikerahkan ke Desa Ajung. Sebagian juga telah mulai melakukan pendakian di tengah cuaca gerimis.

Ketua TRC BPBD Balangan, Kudratulla juga mengirimkan timnya untuk ikut melakukan pencarian bersama Basarnas dan warga setempat.

"Ada enam personel yang kami kerahkan dan bekerja sama dengan Basarnas serta warga," ucap Kudratullah. (Banjarmasinpost.co.id/Isti Rohayanti)

Artikel ini telah tayang di BanjarmasinPost.co.id dengan judul BREAKING NEWS Pendaki Tersesat di Gunung Hauk Kabupaten Balangan Kalsel, Tim SAR Dikerahkan

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini