News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Kelompok Bersenjata di Papua

Satu Anggota KKB Pimpinan Egianus Kogoya Ditangkap TNI-Polri, Sejumlah Senjata Api Diamankan

Penulis: Faisal Mohay
Editor: Whiesa Daniswara
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya kembali menyebar foto dan video kondisi Susi Air Capten Philip Mark Mehrtens. Satu anggota KKB pimpinan Egianus Kogoya berhasil ditangkap.

TRIBUNNEWS.COM - Seorang anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di bawah pimpinan Egianus Kogoya ditangkap tim gabungan TNI-Polri, Rabu (5/4/2023).

Anggota KKB yang ditangkap bernama Yonce Lokbere yang berasal dari Kampung Ardeak, Distrik Kenyam, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan.

Kasatgas Gakkum Ops Damai Cartenz 2023, Kombes Pol I Gusti Gede Era Adhinata mengatakan Yonce Lokbere ditangkap saat aparat keamanan melakukan upaya pembebasan pilot Susi Air, Philip Mark Marthens.

"Jadi YL ini dalam pasukan Egianus Kogoya berperan sebagai pengumpul senjata, logistik, amunisi, bahan makanan, serta menjaga markas," paparnya, Senin (10/4/2023), dikutip dari TribunPapua.com.

Baca juga: Sosok Sertu Robertus Simbolon, Prajurit TNI asal Samosir yang Gugur Ditembak KKB di Intan Jaya

Setelah menangkap Yonce Lokbere, tim gabungan TNI-Polri mengamankan sejumlah senjata api dan ratusan butir amunisi dari markas KKB di Kali Simal, Kabupaten Nduga.

"Jadi barang bukti diamankan tersebut merupakan hasil pengembangan penyelidikan dari anggota KKB wilayah Nduga yang telah diamankan sebelumnya oleh aparat gabungan TNI-Polri berinisial YL," imbuhnya.

Dengan penangkapan ini, Kombes Pol I Gusti Gede berharap dapat mengurangi aksi penyerangan yang dilakukan KKB karena sebagian senjata mereka telah diamankan.

“Dengan diamankannya YL, tentunya bisa mengurangi aksi yang akan lebih sporatis dari kelompok KKB pimpinan Egianus Kogoya,” jelasnya.

Ia mengatakan upaya pembebasan pilot Susi Air yang disandera KKB terus dilakukan.

"Kendala di Nduga sendiri adalah pegunungan serta curah hujan sehingga sangat sulit untuk di jangkau," pungkasnya.

Baca juga: Sepekan Terakhir TNI-Polri Ringkus 2 Anggota KKB di Puncak dan Nduga Papua, Ini Sosoknya

Diketahui, Yonce Lokbere telah terlibat sejumlah aksi penyerangan KKB seperti pembakaran camp dolarossa pada tahun 2021, aksi kontak tembak dengan TNI Yonif Raider/700 di Mapemduma pada 2 Februari 2021.

Kemudian aksi penembakan pesawat Sam Air PK-SMG di Bandara Kenyam, Kabupaten Nduga pada 7 Juni 2022.

Video rekaman pesan pilot pesawat Susi Air Kapten Philip Mark Mertens tersebar, Faizal meyakini ini adalah bagian dari tak-tik KKB. (Tribun-Papua.com)

Pada tahun 2023, Yonce Lokbere telah terlibat dalam pengancaman 15 pekerja puskesmas di Distrik Paro Nduga dan aksi pembakaran pesawat dan penyderaan pilot Susi Air.

Sementara itu, Danrem 172 /PWY, Brigjen TNI JO Sembiring menjelaskan tim gabungan TNI-Polri masih dalam proses pencarian pilot Susi Air yang disandera.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini