News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Ibu Setrika Anak di Jambi, KemenPPPA: Orang Tua Harusnya Melindungi Anak

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Muhammad Zulfikar
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ilustrasi kekerasan terhadap anak. Deputi Bidang Perlindungan Khusus Anak, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Nahar, mengaku prihatin atas maraknya kasus kekerasan terhadap anak yang dilakukan oleh orang tua.

Laporan wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kasus kekerasan orang tua terhadap anak terjadi di Jambi dan Boyolali dalam beberapa waktu terakhir.

Di Jambi, terjadi kasus ibu menyetrika anaknya, sementara kasus anak diikat orang tuanya di pohon pisang terjadi di Boyolali.

Baca juga: Komisi X DPR RI Minta Pencegahan Kekerasan di Sekolah Tak Sekadar Kampanye di Atas Kertas

Deputi Bidang Perlindungan Khusus Anak, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Nahar, mengaku prihatin atas maraknya kasus kekerasan terhadap anak yang dilakukan oleh orang tua.

"Dua kasus kekerasan terhadap anak seperti di Boyolali dan di Jambi sangat memprihatinkan," kata Nahar melalui keterangan tertulis, Kamis (28/9/2023).

Nahar mengatakan bahwa orang tua adalah panutan pertama, contoh hidup pertama untuk anak, pendidik, pelindung, sehingga anak bisa bertumbuh dengan baik.

Baca juga: KPAI: Kasus Kekerasan Anak di Indonesia Paling Banyak di Asia Tenggara

Sebagai unit masyarakat terkecil, keluarga seharusnya menjadi tempat yang aman untuk anak.

“Orang tua seharusnya menjadi pelindung bagi anak, bukan pelaku kekerasan. Bisa jadi orang tua yang melakukan kekerasan dulunya adalah korban. Ini harus diputus mata rantai kekerasan. Tidak boleh berulang turun-temurun," tutur Nahar.

Dirinya mengatakan kejadian itu memiliki dampak trauma mendalam bagi anak.

Kekerasan ini, kata Nahar, bisa memicu   munculnya perasaan malu, menyalahkan diri sendiri, cemas atau depresi, kehilangan minat untuk bersekolah.

"Lalu stres pascatrauma seperti terus-menerus memikirkan peristiwa traumatis yang dialaminya, dan dapat pula tumbuh sebagai anak yang mengisolasi diri sendiri dari lingkungan di sekitarnya,” pungkas Nahar.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini