News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Kelompok Bersenjata di Papua

Markas KKB Pimpinan Elkius Kobak di Kali Ei & Kali Brasa Yahukimo Diduduki Satgas Damai Cartenz

Editor: Dewi Agustina
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Kontak tembak prajurit TNI dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Distrik Eromaga, Kabupaten Puncak, Papua Tengah pada Jumat (20/10/2023) sore menewaskan seorang anggota KKB. Satgas Ops Damai Cartenz-2023 berhasil menduduki markas Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Elkius Kobak di Kali Ei dan Kali Brasa Kabupaten Yahukimo, Sabtu (4/11/2023).

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Marselinus Labu Lela

TRIBUNNEWS.COM, TIMIKA - Satgas Ops Damai Cartenz-2023 berhasil menduduki markas Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Elkius Kobak di Kali Ei dan Kali Brasa Kabupaten Yahukimo, Sabtu (4/11/2023).

"Ya benar, kami telah berhasil lakukan operasi gabungan di Yahukimo sejak Senin (30/10/2023) dan hari ini, Sabtu (4/11/2023) tim telah berhasil menduduki 2 Markas KKB pimpinan Elkius Kobak yaitu Markas Kali Ei dan Markas Kali Brasa," kata Kepala Operasi Damai Cartenz-2023, Kombes Pol Faizal Ramadhani kepada Tribun-Papua.com.

Baca juga: Aparat Gabungan TNI-Polri Temukan 6 Jenazah Pendulang Emas di Seredala pasca Penembakan KKB

Namun sayangnya anggota KKB kelompok Elkius Kobak yang berada di Kali Ei dan Kali Brasa Yahukimo tersebut berhasil lolos dari sergapan.

"Saat ini kedua markas telah diduduki dan hancurkan serta sejumlah barang bukti berhasil disita dari markas tersebut," ungkap Faizal.

Sementara Kasatgas Humas Operasi Damai Cartenz 2023, AKBP Bayu Suseno menjelaskan, terdapat sejumlah barang bukti berhasil disita dari kedua markas KKB tersebut.

Barang bukti yang disita antara lain solar sel 4 unit, mesin genset 6 unit, senjata tajam berupa parang, panah dan jubi, 2 buah HT, 2 unit senapan angin, dan 1 stel pakaian loreng khas KKB.

"Terdapat juga barang bukti berupa suntikan dan beberapa botol ampul serta sejumlah obat-obatan diduga hasil merampas dari tenaga kesehatan di Puskesmas Amuma Yahukimo yang beberapa waktu yang lalu dianiaya KKB saat sedang bertugas di sana," jelas Bayu.

"Pertimbangan posisi markas berada diantara dua ketinggian sehingga tidak memungkinkan untuk membawa seluruh barang bukti, maka sebagian barang bukti langsung kami musnahkan di lokasi," katanya.

Baca juga: BREAKING NEWS: Lagi, 6 Jenazah Penambang Emas di Yahukimo Korban KKB Ditemukan

Satgas Damai Cartenz 2023 akan terus melakukan upaya penegakan hukum terhadap KKB yang berada di sekitar kota Dekai Yahukimo.

"Kami akan terus lakukan pengejaran dan akan kami hancurkan markas KKB lainnya yang berada di sekitar kota Dekai Yahukimo," tandas Bayu.

Sementara itu, Waka Ops Damai Cartenz-2023, Kombespol Ardiansyah Daulay juga menambahkan upaya penegakan hukum terhadap markas KKB pimpinan Elkius Kobak di Kali Ei dan Kali Brasa.

Aparat gabungan TNI-Polri tergabung dalam Satgas Ops Damai Cartenz-2023 berhasil menduduki markas kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Elkius Kobak di Kali Ei dan Kali Brasa Kabupaten Yahukimo, Sabtu (4/11/2023). (Tribun-Papua.com/Istimewa)

"Kami telah menduduki markas KKB dari kelompok Elkius Kobak di Kali Ei dan Kali Brasa Yahukimo. Ini merupakan wujud hadirnya negara di Yahukimo agar situasi kamtibmas dapat terwujud dengan baik," tuturnya.

Aparat gabungan TNI-Polri Ops Damai Cartenz dan Polres Yahukimo serta Kodim 1715 Yahukimo dan Satgas Marinir Yonif 7 Yahukimo akan terus melakukan upaya penegakan hukum terhadap markas KKB lainnya yang berada di pinggiran kota Dekai Yahukimo.

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini