News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Berita Viral

Viral Perubahan Waktu WIB dan WIT di Perbatasan Manokwari Papua Barat

Penulis: Nitis Hawaroh
Editor: Seno Tri Sulistiyono
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Viral di media sosial seorang pria memperlihatkan perubahan zona waktu di Papua Barat perbatasan Manokwari. Video tersebut diunggah dalam akun Instagram @bandung_banget pada Rabu (27/12/2023).

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Nitis Hawaroh

TRIBUNNEWS.COM,  - Viral di media sosial seorang pria memperlihatkan perubahan zona waktu di Papua Barat perbatasan Manokwari.

Video tersebut diunggah dalam akun Instagram @bandung_banget pada Rabu (27/12/2023).

Dalam video itu, menarasikan bahwa jam yang tertera di handphone terlihat berubah sesaat setelah melewati batas wilayah daerah.

Baca juga: Viral Video KRL di Bojonggede Keluarkan Percikan Api, Ini Penjelasan KAI

Terekam juga seorang pria yang menjelaskan bahwa terdapat perubahan waktu di perbatasan itu, menjadi Waktu Indonesia Barat (WIB). Sedangkan yang seharusnya di Manokwari itu Waktu Indonesia Timur (WIT).

"Fokus ke jamnya ya apa namanya, kita sekarang berada di perbatasan antara Kabupaten Manokwari dan Manokwari Selatan tepatnya di kampung Masabui. Di sini ada fenomena zona waktu, zona waktu di daerah sini dia akan berubah ke Waktu Indonesia Barat," ucap seorang dalam video tersebut.

Berdasarkan pantauan Tribunnews melalui unggahan video itu, seorang pria tengah berada dalam mobil dan melakukan perjalan melintasi perbatasan wilayah Manokwari Barat ke Manokwari Selatan.

Dia pun mengabadikan perbedaan waktu itu melalui handphone yang dia genggam. Dia juga bilang perubahan waktu ini hanya sebatas lintas jembatan dan bukit saja. Ketika melewati bukit tersebut, waktu akan normal kembali.

"Sekarang kita tepat di sini 17.44 WIT nanti sampai di jembatan situ dia akan kembali ke jam 15.00 WIB dia akan kembali ke Waktu Indonesia Barat sedangkan kita posisi sekarang di Papua kita tahu Papua itu Waktu Indonesia Timur ya zona waktu Indonesia timur selisih 2 jam dengan pulau Jawa," tutur dia. 

"Kita sudah mulai ke arah jembatan iya teman-teman lihat dia sudah berubah fokus jam nya sudah berubah ke 15.44 WIB nanti setelah jembatan ini dia akan kembali ke waktu normal," imbuhnya.

Dia pun mengatakan bahwa perbedaan waktu ini merupakan hal yang langka khususnya terjadi di wilayah Papua. Dari semua waktu yang ditampilkan dalam layar handphone itu pukul 15.44 WIB seketika berubah menjadi 17.46 WIT setelah melewati jembatan dan bukit tersebut.

"Ini zona waktu yang langka di Papua khususnya di daerah Papua Barat mungkin juga di Indonesia hanya di daerah sini," ucap dia.

"Coba kita hitung mundur ya, berubah kan dia kembali ke waktu normal oke Waktu Indonesia Timur jadi 17.46 WIT. Oke teman-teman sedikit informasi tadi siang saya lewat sini saya tidak percaya, makanya sore saya ulangi lagi ternyata betul memang di sini ada perbedaan waktu," sambungnya.

Untuk diketahui, waktu di Indonesia terbagi menjadi tiga wilayah, yaitu Waktu Indonesia Barat (WIB), Waktu Indonesia bagian Tengah (WITA) dan Waktu Indonesia Timur (WIT).

WIB memiliki perbedaan waktu satu jam dengan WITA dan dua jam dengan WIT. Misalnya di Solo pukul 13.00 WIB, maka di Gorontalo pukul 14.00 WITA, dan di Maluku 15.00 WIT. 

Daerah yang masuk ke dalam WIB yakni Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau (Kepri), Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, Bangka Belitung, Bengkulu, Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah.

Sedangkan daeerah yang masuk dalam zona WITA yakni Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Bali, NTB, NTT, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara dan Gorontalo.

Adapun daerah cakupan WIT, yakni Maluku, Maluku Utara, Papua dan Papua Barat.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini