News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

7 Orang Etnis Rohingya Kabur dari Tempat Penampungan Sementara di Komplek Kantor Bupati Aceh Barat

Editor: Eko Sutriyanto
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Pengungsi Rohingya duduk bersama di kapal Badan Pencarian dan Pertolongan Nasional (BASARNAS) setelah mereka diselamatkan dari kapal mereka yang terbalik di perairan sekitar 16 mil laut (29 kilometer) lepas pantai barat Aceh pada 21 Maret 2024. - Pihak berwenang Indonesia menyelamatkan setidaknya 69 orang Pengungsi Rohingya yang telah berada di laut selama berminggu-minggu dan membawa mereka ke pantai pada tanggal 21 Maret setelah kapal mereka terbalik sehari sebelumnya. (Photo by Zahlul AKBAR / AFP)

Laporan Wartawan Serambi Indonesia Sa'dul Bahri

TRIBUNNEWS.COM, MEULABOH –  Dua pengungsi Rohingya lainnya kabur dari tempat penampungan sementara di Komplek Kantor Bupati Aceh Barat, Sabtu (13/4/2024).

Dua pengungsi Rohingya yang kabur itu, yakni Anisu Rahman (18) dan Mohammed Shah (24), keduanya laki-laki yang diduga melarikan diri sekitar pukul 06.00 WIB Sabtu (13/4/2024). 

Sebelumnya sejak malam Hari Raya Idul Fitri hingga 1445 Hijriah, Kamis (11/4/2024), lima pengungsi Rohingya kabur dari tempat penampungan sementara di Kompleks Kantor Bupati Aceh Barat di Meulaboh sehingga  jumlah pengungsi etnis Rohingya yang kabur sudah tujuh orang.

Mereka yang lari tersebut diketahui setelah dilakukan pengecekan pada pagi hari keduanya telah tidak ada lagi di tenda, yang diduga saat teman-teman yang lain sedang melaksanakan salat subuh, kedua orang tersebut diduga tidak kelihatan di musalla.

Lima pengungsi Rohingya yang sebelumnya kabur itu, satu wanita, yaitu Begum Surya (23) dan empat laki-laki, yakni Ullah Enaya (27), Anwar Khalek (13), Amanullah Etadullah (34) dan Uddin Jossim (24).

Baca juga: Rantai ‘terputus-putus’ penyelundupan pengungsi Rohingya, bagaimana modusnya?

Protection Associate UNHCR Indonesia, Faisal Rahman saat dikonfirmasi Serambinews.com, Sabtu (13/4/2024), membenarkan bahwa ada dua orang lagi etnis Rohingya kabur dari kamp pengungsian Komplek Kantor Bupati di Meulaboh.

“Update dari lapangan demikian bang,” tutup Faisal seraya menyarankan masalah tersebut detailnya dapat kepada Asisten I Setdakab Aceh Barat.

Pemerintah Kabupaten Aceh Barat melalui Asisten I Setdakab setempat, T Samsul Alam saat dikonfirmasi Serambinews.com, Jumat (13/4/2024) kemarin menyebutkan, kepergian 5 pengungsi Rohingya sebelumnya dari tempat penampungan sementara dinilai tidak mematuhi aturan, sehingga kabur.

“Seharusnya mereka (pengungsi Rohingya) menaati aturan yang telah kita tetapkan, bahwa mereka hanya berada di area tenda, musalla dan sekitarnya,” kata T Samsul Alam melalui pesan WhatsApp.

Penyebab menghilangnya para pengungsi dari tenda sangat tergantung pada keinginan mereka (para pengungsi) untuk tinggal di tenda. 

Artinya kalau memang mereka ingin tinggal, tanpa petugas pengamanan pun, mereka tetap berada di tenda. 

Sebaliknya kalau mereka punya keinginan untuk melarikan diri, seketat atau sebaik apa pun pengamanan pasti mereka tetap akan berusaha untuk meninggalkan tenda. (*)

Artikel ini telah tayang di SerambiNews.com dengan judul 2 Pengungsi Rohingya di Aceh Barat Kabur, Sudah 7 Orang Melarikan Diri dalam Suasana Lebaran Ini

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini