News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Kecelakaan Maut di Subang

Bukan hanya Sopir, Tersangka Kecelakaan Maut Bus di Subang Bertambah, Total Jadi 3 Orang 

Editor: Theresia Felisiani
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Sopir bus pariwisata Putera Fajar, Sadira ditetapkan menjadi tersangka atas kasus kecelakaan maut yang menewaskan 11 orang di Ciater, Subang, Jawa Barat. Update terkini kasus kecelakaan bus rombongan siswa SMK Lingga Kencana di Ciater, Kabupaten Subang, Polisi menetapkan dua tersangka baru.

TRIBUNNEWS.COM, BANDUNG - Update terkini kasus kecelakaan bus rombongan siswa SMK Lingga Kencana di Ciater, Kabupaten Subang, Polisi menetapkan dua tersangka baru.

Sebelumnya Polisi sudah menetapkan satu tersangka yakni sang sopir bus Putera Fajar inisial A.

Direktur Lalu Lintas Polda Jabar, Kombes Pol Wibowo mengatakan, kedua tersangka baru itu berinisial AI dan A. Total ada tiga tersangka.

Sebelumnya, polisi telah menetapkan, S, sopir bus Putera Fajar, sebagai tersangka.

Penetapan dua tersangka baru dalam kasus kecelakaan yang menewaskan 11 orang ini, kata Wibowo, merupakan hasil pengembangan serta gelar perkara yang dilakukan Ditlantas Polda Jabar. 

"Saudara A dan AI (dijadikan) sebagai tersangka karena patut diduga telah melakukan perbuatan melawan hukum dengan sengaja kemungkinan dan kelalaian atau kealpaan," ujar Wibowo di Mapolda Jabar, Selasa (28/5/2024). 

Menurutnya, AI merupakan pengusaha sekaligus pemilik bengkel yang mengubah rancang bangun bus Trans Putera Fajar menggunakan surat keputusan rancang bangun karoseri berizin.

"Tapi, bengkel yang bersangkutan tidak memiliki izin untuk mengubah dimensi atau rancang bangun kendaraan bus," katanya.

Baca juga: Temuan KNKT, Bus Kecelakaan Maut di Subang Dimodifikasi jadi High Deck

Sedangkan tersangka A, merupakan pihak yang dipercaya AI untuk mengoperasionalkan bus tersebut.

Namun oleh A malah menyuruh sopir lain, yakni tersangka S, untuk membawa kendaraan bus tersebut.

"Yang bersangkutan juga orang yang menyuruh sopir yaitu S untuk membawa kendaraan bus dalam kondisi tidak laik jalan. Antara yang bersangkutan dengan Saudara S, tidak ada ikatan kerja atau kontrak apapun. Tersangka S adalah freelance yang mungkin apabila dibutuhkan A, dihubungi," ucapnya.

Fakta lain hasil gelar perkara, kata dia, didapati bahwa bus yang membawa pelajar SMK Lingga Kencana Depok tersebut tidak laik jalan karena KIR bus tidak berlaku atau kedaluwarsa yang berakhir pada 6 Desember 2023.

Kemudian kondisi rem yang tidak berfungsi dengan baik hingga perubahan bentuk dan lebar kendaraan yang tidak sesuai standar.

Baca juga: Video Wali Murid Sindir Janji Manis Kepsek SMK Lingga Kencana, Murka sang Anak Jadi Korban Laka Maut

"PO Trans Putera Fajar Wisata juga tidak terdaftar di Kementerian Perhubungan. Nama bodong alias abal-abal asal tempel. Bus ini, tidak menjadi bagian perusahaan otobus manapun dan menggunakan nama tidak terdaftar," ucapnya.

Akibat perbuatannya, A dan AI disangkakan pasal 311, UU lalu lintas jo pasal 55 KUHP subsider dan atau pasal 359 KUHP dengan ancaman penjara 12 tahun atau denda Rp 24 juta dan atau denda pidana penjara selama 5 tahun. (*)

Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul Tersangka Kecelakaan Bus Maut di Ciater Subang Bertambah Dua Orang, Sebelumnya Cuma Sopir

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini