News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Ikuti Lomba Kampung Pancasila Tingkat Nasional, Desa Tinigi di Tolitoli Usung 4 Aspek Utama

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
Editor: Wahyu Aji
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Anggota Babinsa dari Kodim 1305 Buol Tolitoli aktif berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Tolitoli secara responsif dan adaptif memberi pengarahan di empat aspek utama di Desa Tinigi Kecamatan Galang, Tolitoli, Sulawesi Tengah. Desa ini ditunjuk Kodim 1305 Buol Tolitoli untuk mengikuti Lomba Kampung Pancasila Tingkat Nasional.

Hasiolan EP/Tribunnews.com

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Desa Tinigi yang berada di Kecamatan Galang, Kabupaten Tolitoli, Sulawesi Tengah mendapat kesempatan untuk mengikuti lomba Kampung Pancasila secara nasional yang diselenggarakan TNI Angkatan Darat (AD).

Kodim 1305 Buol Tolitoli menunjuk Desa Tinigi sebagai wakil Tolitoli dalam lomba ini.

Dandim 1305 Buol Tolitoli Letkol Infanteri Dedi Akhirudin menyatakan, penunjukan Desa Tinigi sebagai Kampung Pancasila merupakan wujud sinergi aktif antara pemerintah daerah dan Kodim 1305.

Dandim 1305 menjelaskan, ada empat aspek utama yang diusung Desa Tanigi dalam lomba tersebut.

"Kampung Pancasila di Desa Tinigi mengusung empat aspek penting, yaitu ketahanan pangan, pembangunan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), pembinaan warga negara (wanra) dalam sistem keamanan lingkungan dan penanganan bencana alam, serta pembinaan karang taruna," kata  Dandim 1305 dikutip Selasa (13/8/2024).

Dijelaskan, deengan semangat implementasi nilai-nilai Pancasila Desa Tinigi berhasil dan mampu mengembangkan empat aspek indikator penilaian.

Pada aspek ketahanan pangan percepatan produksi Desa dapat menopang kebutuhan pangan warga masyarakat setempat.

Pada aspek pembinaan Wanra/Linmas dilakukan secara bertahap, bertingkat dan berlanjut melalui pembinaan yang intesif dari Sat Pol PP, Wanra Desa Tinigi telah tumbuh menjadi sebuah komunitas yang solid dan berkontribusi aktif dalam ketertiban dan keamanan Desa.

Pada aspek pembinaan Karang Taruna, keaktifan dalam kegiatan yang bervariatif pada Karang Taruna menumbuh kembangkan rasa kebersamaan dan gotong royong.

Anggota Babinsa dari Kodim 1305 Buol Tolitoli aktif berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Tolitoli secara responsif dan adaptif memberi pengarahan di empat aspek utama, termasuk aspek kesehatan masyarakat di Desa Tinigi Kecamatan Galang, Tolitoli, Sulawesi Tengah. Desa ini ditunjuk Kodim 1305 Buol Tolitoli untuk mengikuti Lomba Kampung Pancasila Tingkat Nasional.

Pada aspek pengembangan UMKM di Desa Tinigi secara tidak langsung membantu perekonomian warga masyarakat setempat, karena hasil produksi UMKM memanfaatkan potensi wilayah di sekitarnya.

"Melalui semangat gotong royong dan dukungan berbagai pihak, Desa Tinigi telah mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan berkontribusi pada perekonomian daerah," ujar Dandim 1305.

Kabupaten Tolitoli mendapat kesempatan berharga untuk berpartisipasi dalam lomba Kampung Pancasila secara nasional. Desa Tinigi, yang terletak di Kecamatan Galang, terpilih 

Bupati Tolitoli, Amran Haji Yahya, mengimbau seluruh masyarakat Tolitoli untuk memberikan dukungan kepada Desa Tinigi dalam lomba Kampung Pancasila.

"Kami mengajak masyarakat untuk mensupport video Kampung Pancasila Tinigi melalui grup-grup WhatsApp, Facebook, dan media lainnya. Selain itu, kami juga berharap masyarakat dapat memberikan like, share, dan komentar melalui link YouTube yang telah disediakan," ujar Amran dilansir RRI.

Baca juga: Danrem Binaiya Resmikan Kampung Pancasila di Seram Bagian Barat, Sampaikan 5 Larangan Bagi Prajurit

Kegiatan Lomba Kampung Pancasila yang diselenggarakan oleh TNI AD memiliki dampak positif yang sangat besar dalam rangka memperkuat nilai-nilai Panacasila di tengah masyarakat, hal tersebut direspon dengan penuh antusias oleh Pemerintah Kabupaten Tolitoli khusunya warga masyarakat Desa Tinggi dengan penuh riang gembira dan menerapkan pola kebersamaan serta gotong royong untuk bertarung pada kompetisi tingkat TNI AD/Nasional. (oln/*)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini