News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pilkada Serentak 2024

Tak Hanya Mahasiswa, Dosen Hukum dan Fisipol UGM Ikut Turun ke Jalan

Editor: Muhammad Renald Shiftanto
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Jogja memanggil Kamis (22/8/2024).

TRIBUNNEWS.COM - Mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) dari berbagai fakultas turun ke jalan untuk aksi Kawal Putusan MK di Yogyakarta.

Ternyata, tak hanya mahasiswa saja.

Puluhan dosen dari Fakultas Hukum dan Fisipol juga ikut turun ke jalan bersama mahasiswa dan masyarakat.

Salah satunya Dosen Fakultas Hukum UGM, Herlambang Wiratraman.

Ia mengatakan dirinya bersama puluhan dosen Fakultas Hukum dan Fisipol UGM turun ke jalan membersamai mahasiswa dan masyarakat yang berunjuk rasa di DPRD DIY.

"Ini pertama kan masyarakat sudah muak, publik seakan dibodohi terus menerus. Tentu aksi ini bagian upaya mendorong perubahan yang hari ini, nggak bisa dibiarkan lagi," katanya, saat ditemui di lokasi unjuk rasa.

Para dosen UGM merasa terpanggil untuk turun ke jalan menyampaikan aspirasi bersama mahasiswa.

Bahkan menurut Herlambang, fakultas hukum UGM hari ini diliburkan hanya untuk memperjuangkan demokrasi pada hari ini.

Ia melihat situasi politik saat ini tidak bisa dibiarkan, terlebih lagi ahli hukum tata negara UGM ini menyaksikan adanya dinasti politik dari pemimpin negara saat ini.

Herlambang turut menanggapi sikap Badan Legislatif (Baleg) DPR yang seolah menjegal putusan MK terkait ambang batas Pilkada 2024.

"Saya kira nggak relevan politik dinasti dan mengencangkan kartel politik. Oleh karenanya, harusnya putusan MK yang dipakai," ujarnya.

Dia juga tidak merasa berkecil hati atas penundaan rapat paripurna DPR yang pada hari ini dijadwalkan membahas pengesahan RUU Pilkada.

"Rakyat sudah biasa dibohongi, Saya kira kami nggak akan diam dengan penundaan itu. Mudah-mudahan kita setia dengan perjuangan," ungkapnya.

"Sekarang ada 20 lebih dosen Fisipol dan Hukum UGM. Ini bagian pernyataan sikap dosen ugm maka kuliah diliburkan," pungkasnya.

Artikel ini telah tayang di TribunJogja.com dengan judul Puluhan Dosen Fisipol dan Hukum UGM Ikut Turun ke Jalan dalam Aksi Kawal Putusan MK di Yogyakarta

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini